Yogyakarta, 20 Februari 2024 - Perpustakaan dan Arsip UGM Mendorong Kemudahan Informasi dan Pengembangan Infrastruktur
Dengan meningkatkan aksesibilitas terhadap sumber daya pendidikan, perpustakaan dan Arsip UGM memastikan bahwa pendidikan yang berkualitas dapat diakses oleh semua orang, sejalan dengan misi SDGs 4 tentang Pendidikan Berkualitas dan SDGs 9 tentang Industri, Inovasi, dan Infrastruktur. Memperbarui infrastruktur merupakan komitmen perpustakaan untuk menciptakan ruang yang lebih modern dan efisien yang mendukung kegiatan pendidikan dan penelitian.
Desain lobi yang baru bertujuan untuk memudahkan pengunjung Perpustakaan dan Arsip UGM dalam mendapatkan informasi dan layanan yang dibutuhkan. Dengan desain baru ini, perpustakaan menawarkan pengalaman yang lebih ramah pengguna dan terintegrasi. Meja informasi yang diperbarui dirancang untuk mengurangi hambatan fisik dan teknologi dalam pencarian informasi dengan layout yang lebih ergonomis.
Infodesk yang berada di samping kiri pintu masuk Perpustakaan dan Arsip UGM ini menyediakan berbagai layanan seperti informasi tentang koleksi, jurnal, tugas akhir dan sebagainya yang ada di Perpustakaan dan Arsip UGM. Selain itu, Infodesk juga memberikan bantuan dalam penggunaan layanan Perpustakaan dan Arsip yang ada di lingkungan UGM. Pengunjung Perpustakaan dan Arsip UGM, biasa disebut Pemustaka, dapat menggunakan layanan Infodesk untuk menanyakan apapun terkait Perpustakaan dan Arsip UGM.
Lebih dari itu, Pemustaka juga dapat menyampaikan kritik dan saran mengenai layanan perpustakaan dan arsip UGM melalui meja infodesk yang akan dibantu dan diterima oleh para petugas di sana.
Keberadaan Infodesk ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas layanan dan memberikan pengalaman yang lebih baik bagi pemustaka Perpustakaan dan Arsip UGM. Secara keseluruhan, perpustakaan dan Arsip UGM mengambil langkah progresif untuk tidak hanya meningkatkan pengalaman pengguna, tetapi juga untuk berkontribusi pada pencapaian SDGs melalui inovasi dalam infrastruktur dan aksesibilitas informasi.
Kontributor: Nisa Asfiya Husna