Lomba Inovasi untuk Mendorong Kreativitas dan Pengembangan Layanan

Yogyakarta, 18 Juli 2024 - Perpustakaan dan Arsip Universitas Gadjah Mada (UGM) dengan bangga mengumumkan para pemenang Lomba Inovasi Pustakawan dan Arsiparis dalam Rangka Dies Perpustakaan dan Arsip UGM 2024. Lomba ini telah berlangsung dari tanggal 13 Mei hingga 5 Juli 2024. Acara ini menampilkan kompetisi inovatif yang ditujukan kepada pustakawan, arsiparis, dan pemustaka di lingkungan UGM guna mendukung program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) melalui inovasi dalam memberikan fasilitas pembelajaran berpusat pada mahasiswa (student-centered learning)

inovasi perpustakaan

Inovasi yang dibangun dalam lomba ini adalah pembuatan video layanan unggulan di lingkungan Perpustakaan dan Arsip UGM, promosi layanan Perpustakaan dan Arsip UGM, serta digital creative content. Kompetisi ini memberikan tantangan dan kesempatan bagi pustakawan, arsiparis, dan pemustaka di lingkungan UGM untuk mengembangkan kreativitas dan inovasi dalam memberikan layanan unggulan.

Proses penjurian dilakukan oleh Arif Surachman, SIP, MBA selaku Kepala Perpustakaan dan Arsip UGM serta Wisaksono Adi dari InaHealth FKKMK UGM. Berdasarkan hasil penjurian, berikut adalah daftar pemenang dari masing-masing kategori:

Kategori Inovasi Layanan Unggulan di Perpustakaan dan Arsip UGM:

  1. Juara 1: Tim FKKMK
  2. Juara 2: Tim FEB
  3. Juara 3: Tim Fakultas Geografi

Kategori Promosi Perpustakaan dan Arsip:

  1. Juara 1: Adhika Pramudhia Kirana
  2. Juara 2: Wulan Kusumaning Yuli & Dewi Amalia
  3. Juara 3: Endah Choiriyah

Kategori Digital Creative Content:

  1. Juara 1: Oktaviana Dwi Prastika
  2. Juara 2: Nefertiti Aurelia Fadiahaya & Nur Kusumaning Ati
  3. Juara 3: Manda Rahma Cyntia

Video pemenang dapat dilihat melalui channel YouTube Perpustakaan Universitas Gadjah Mada. Melalui video tersebut, penonton dapat melihat inovasi luar biasa yang telah dilakukan oleh para pustakawan, arsiparis, dan pemustaka di UGM. Video-video ini menampilkan berbagai layanan unggulan yang dikembangkan, serta memberikan gambaran tentang bagaimana layanan tersebut dapat membantu pemustaka dan masyarakat dalam mengakses informasi yang tersedia, layanan perpustakaan dan bahan bacaan.

Lomba ini memberikan kontribusi dalam mengembangkan minat baca dan literasi di masyarakat sehingga dapat mewujudkan pendidikan yang berkualitas sesuai dengan tujuan SDGs yang ke-4.

Kontributor: Wasilatul Baroroh

sdg4