Akses E-Journal dan Transaksi Perpustakaan melalui Perangkat Mobile

MLibrary UGM
MLibrary UGM
Pada peringatan Dies Natalis ke-64, Perpustakaan Universitas Gadjah Mada meluncurkan pengembangan aplikasi Mobile-Libraries atau M-Library yang memungkinkan anggota perpustakaan melakukan berbagai aktifitas layanan Perpustakaan. Pada awal tahun 2015 Perpustakaan UGM beserta PT. Gamatechno mengeluarkan sekaligus dua versi MLibrary yakni Android dan IOs. Untuk versi Android merupakan versi pengembangan dari versi pertama yang diluncurkan pada tahun 2013, dengan ditambahkan beberapa fitur terutama terkait akses ke dalam database elektronik (e-journal, e-book, dll) yang dilanggan oleh Universitas Gadjah Mada. Sedangkan untuk versi IOs merupakan pengembangan terbaru untuk memenuhi kebutuhan anggota perpustakaan pengguna perangkat mobile keluaran Apple seperti Iphone dan Ipad.

MLibrary Universitas Gadjah Mada pada tahun 2014 ini menghadirkan beberapa fitur penting,yaitu:

1. MyLibrary — Fitur ini digunakan untuk mendapatkan layanan transaksi sirkulasi perpustakaan seperti daftar pinjaman, pemesanan koleksi, rekaman peminjaman, daftar keterlambatan, dan mendapatkan push notification. Untuk menggunakan fitur ini anggota perpustakaan harus mengaktifkan akun MLibrary.

2. Category — Fitur ini digunakan untuk mencari atau menelusur koleksi perpustakaan berdasarkan kategori atau golongan/bidang/subyek koleksi.

3. News/Events — Fitur ini merupakan fitur yang terhubung ke dalam berita, agenda dan pengumuman kegiatan dalam situs web Perpustakaan UGM.

4. Contact Us — Fitur ini dapat digunakan untuk melihat kontak person dan juga melakukan komunikasi dengan pengelola perpustakaan UGM.

5. Location — Fitur ini dapat digunakan oleh pengguna perpustakaan dalam menemukan lokasi perpustakaan fakultas/sekolah yang ada di lingkungan Universitas Gadjah Mada. Fitur ini dihubungkan dengan applikasi GoogleMaps untuk mempermudah anggota perpustakaan menemukan lokasi perpustakaan.

6. E-Resources — Fitur ini dapat digunakan oleh pengguna perpustakaan (sivitas akademika UGM) dalam mengakses database elektronik seperti ejournal, ebook, dll yang dilanggan UGM melalui metode Single Sign On (SSO). Akses ini harus menggunakan akun e-mail UGM.

Untuk mengunduh aplikasi MLibrary versi Android dan IOs silahkan kunjungi alamat berikut ini:

1. Versi Android: https://play.google.com/store/apps/details?id=mlibrary.ugm

2. Versi IOs: https://appsto.re/id/OAbV5.i

Silahkan Nikmati kemudahan akses layanan Perpustakaan UGM melalui perangkat mobile Anda. Panduan aktivasi MyLibrary dapat anda lihat di https://lib.ugm.ac.id/?page_id=1563.

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi library[at]ugm.ac.id dan di cc ke arifs[at]ugm.ac.id / haryanta[at]ugm.ac.id.

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.