Lomba Inovasi Perpustakaan & Arsip UGM dan Digital Creative Content

Jenis Lomba

A. Inovasi Layanan Unggulan di Perpustakaan

Pembuatan video profile atau reels video layanan unggulan/pengelolaan perpustakaan/arsip di lingkungan Perpustakaan dan Arsip Unit kerja beserta naskah narasi masing-masing pengusul, dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Inovasi Layanan Unggulan di Perpustakaan dengan durasi video 5-10 menit
  2. Inovasi Layanan Unggulan dilengkapi dengan deskripsi kajian kebutuhan, yang meliputi:
    1. Latar Belakang (Identifikasi masalah dan alasan)
    2. Tujuan (Menggambarkan maksud dan hasil yang akan dicapai dalam karya inovasi)
    3. Metode (Prosedur atau langkah-langkah sistematis dalam menyusun karya inovasi)
    4. Data (Keterangan pendukung yang digunakan dalam menyusun karya inovasi)
    5. Analisis (Proses mendeskripsikan dan menjelaskan data-data yang digunakan dalam kajian kebutuhan karya inovasi)
    6. Kesimpulan (Ringkasan dari hasil pembahasan dan implikasi hasil kajian karya inovasi)
    7. Kebermanfaatan (Aplikatif dan Replikatif)
    8. Dampak Inovasi (Bagi Pemustaka, Pustakawan, Perpustakaan, dan Perguruan tinggi)
    9. Daftar Acuan (Referensi yang digunakan peserta untuk menyusun kajian karya inovasi).
  3. Peserta lomba adalah Tim. Satu kelompok maksimal 5 orang.
  4. Peserta adalah Pustakawan/pengadministrasi perpustakaan/arsip di lingkungan Universitas Gadjah Mada
  5. Peserta bebas menggunakan semua jenis alat perekam video kamera jenis apapun.
  6. Jika video peserta mencantumkan atau menggunakan bahan atau data atau video dari sumber tertentu, maka peserta wajib mencantumkan sumber data atau video dengan jelas.
  7. Peserta dilarang memberikan tanda air (watermark) dalam karya video yang diikutkan lomba.
  8. Karya peserta tidak:
    1. Mengandung unsur SARA (Suku, Agama, dan Ras)
    2. Bertentangan dengan peraturan perundangan
    3. Melanggar kesusilaan dan moral
    4. Berisi kekerasan
    5. Berisi promosi produk tertentu
    6. Tidak mengandung pornografi.
  9. Hasil Karya Inovasi diunggah pada tautan http://ugm.id/lvipa2024 paling lambat 28 Juni 2024
B. Promosi Perpustakaan dan Arsip (dalam bentuk Reels), dengan ketentuan sebagai berikut:
  1. Durasi video 60-90 detik
  2. Peserta lomba adalah perseorangan atau dalam kelompok (tim). Satu kelompok maksimal 5 orang.
  3. Peserta adalah Civitas UGM
  4. Peserta bebas menggunakan semua jenis alat perekam video kamera jenis apapun.
  5. Jika video peserta mencantumkan atau menggunakan bahan atau data atau video dari sumber tertentu, maka peserta wajib mencantumkan sumber data atau video dengan jelas.
  6. Peserta dilarang memberikan tanda air (watermark) dalam karya video yang diikutkan lomba.
  7. Karya peserta tidak:
    1. Mengandung unsur SARA (Suku, Agama, dan Ras)
    2. Bertentangan dengan peraturan perundangan
    3. Melanggar kesusilaan dan moral
    4. Berisi kekerasan
    5. Berisi promosi produk tertentu
    6. Tidak mengandung pornografi
  8. Hasil Karya Inovasi diunggah pada tautan http://ugm.id/lvipa2024 dan akun instagram dengan menambahkan tagar #diesperpusarsipugm dan tag akun @perpustakaan_ugm dan @arsipugm paling lambat 28 Juni 2024
C. Digital Creative Content
  1. Durasi video 60-90 detik
  2. Peserta lomba adalah perseorangan atau dalam kelompok (tim). Satu kelompok maksimal 5 orang.
  3. Peserta Civitas Universitas Gadjah Mada
  4. Peserta bebas menggunakan semua jenis alat perekam video kamera jenis apapun
  5. Jika video peserta mencantumkan atau menggunakan bahan atau data atau video dari sumber tertentu, maka peserta wajib mencantumkan sumber data atau video dengan jelas.
  6. Peserta dilarang memberikan tanda air (watermark) dalam karya video yang diikutkan lomba
  7. Karya peserta tidak:
    1. Mengandung unsur SARA (Suku, Agama, dan Ras)
    2. Bertentangan dengan peraturan perundangan
    3. Melanggar kesusilaan dan moral
    4. Berisi kekerasan
    5. Berisi promosi produk tertentu
    6. Tidak mengandung pornografi
  8. Hasil Karya Inovasi diunggah pada tautan http://ugm.id/lvipa2024 dan akun instagram dengan menambahkan tagar #diesperpusarsipugm dan tag akun @perpustakaan_ugm dan @arsipugm paling lambat 28 Juni 2024
Komponen penilaian:
  • Originalitas
  • Manfaat (Nilai Edukatif)
  • Kesesuaian Video dan Tema
  • Ide Gagasan
  • Teknik Pengambilan Gambar/Video
  • Teknik Audio (Dubbing/Musik/Audio Tambahan)
  • Infografis (Animasi Tulisan)
  • Kreativitas
  • Estetika
Hadiah Lomba
  1. Lomba unggulan Juara 1= 1.500.000, Juara 2= 1.000.000, Juara 3= 750.000, piagam penghargaan dan souvenir.
  2. Lomba Digital Creative Content, Juara 1= 1.000.000, Juara 2= 750.000, Juara 3= 500.000, Juara Favorit= 350.000, piagam penghargaan dan souvenir.