Forum Pustakawan UGM Gelar Webinar Nasional Pengembangan Karir Jabatan Fungsional Pustakawan

Untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang formasi jabatan fungsional pustakawan serta memberikan motivasi bagi pustakawan dalam meningkatkan kompetensinya, Forum Pustakawan UGM telah sukses menyelenggarakan Webinar Nasional Pengembangan Karir Jabatan Fungsional Pustakawan: Strategi Pengelolaan Dokumen PAK pada hari Rabu, tanggal 23 November 2022 melalui daring. Jumlah peserta melampaui target, mencapai 1000 orang dari berbagai profesi baik guru, dosen, peneliti, pustakawan serta mahasiswa dari seluruh Indonesia. Semua peserta mendapatkan sertifikat 3 JPL.

Dalam sambutan pembukaannya Kepala Perpustakaan UGM mengatakan bahwa tema ini penting karena saat ini terdapat aturan-aturan baru terkait peta jabatan pustakawan dan pengembangan kariernya.

Pemaparan materi disampaikan oleh Yudho Widiatmono, S.Kom. (Koordinator Bidang Pembinaan dan Sosialisasi Jabatan Fungsional Pustakawan– Perpustakaan Nasional RI). Saat ini terdapat regulasi terbaru yang perlu dipahami oleh semua pustakawan di Indonesia. Dikatakan oleh Yudho, “Dalam hal pengembangan karir, maka seorang pustakawan harus mengetahui kebutuhan kompetensi yang dimilikinya serta hendaknya membaca regulasi yang berkembang saat ini untuk menentukan strategi pengembangan karirnya”.

Sementara pembicara kedua Sukirno, SIP., M.A. (Tim Penilai Jabatan Fungsional Pustakawan UGM) memaparkan strategi penyiapan dokumen DUPAK Pustakawan untuk kenaikan pangkat/jabatan. “Butir kegiatan sesuai kelas jabatan, butir kegiatan sesuai dengan jenjang jabatan, membuat bukti fisik sesuai petunjuk teknis jabatan fungsional pustakawan dan AKnya”, paparnya.

webinar pustakawan

Webinar Nasional “Pengembangan Karir Jabatan Fungsional Pustakawan: Strategi Pengelolaan Dokumen PAK”

Banyak sekali pertanyaan yang masuk dari peserta karena tema yang sangat menarik. Tanya jawab dipandu oleh moderator Uminurida Suciati, Pustakawan Madya UGM berupa menjawab pertanyaan langsung dari peserta dan merespon pertanyaan dari kolom chat zoom. Pada akhir acara dibagikan doorprize dari FP UGM dan sponsor Taylor & Francis.(Lilik K. Uswah)