Integrasi antar Unit Kerja: Modal Layanan Digital Perpustakaan KPU RI Pusat

Written by Humas Perpustakaan on . Posted in Berita

Perpustakaan UGM, 18 Mei 2017, mendapatkan tamu istimewa dari Staf Perpustakaan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU) Pusat Jakarta, Ibu Lindawaty Ambarita, Tati Setiawati, dan Tri Nurwahyuningtias. Kunjungan tersebut diterima oleh Kepala Perpustakaan UGM, Ibu Nawang Purwanti, M. Lib yang menyambut baik upaya berbagi informasi dalam rangka mendorong kemajuan perpustakaan di Indonesia.

Selama ini Perpustakaan KPU RI sudah melayani pengguna baik internal maupun eksternal dalam bentuk layanan buku, laporan kegiatan, dan repositori kepemiluan, yang diperoleh dari berbagai wilayah nusantara. Selanjutnya, informasi tersebut didiseminasikan melalui Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) kepada Publik, termasuk e-PPID. Untuk itu, Perpustakaan berkeinginan untuk mengembangkan perpustakaan digital sehingga mampu memberikan pelayanan maksimal kepada publik melalui e-PPID.

Kepala Bidang Database dan Jaringan, Arif Surachman, M. B. A., yang turut menemui, melihat peluang bagus bagi Perpustakaan KPU RI Pusat untuk mengembangkan layanan berbasis teknologi informasi. Yang perlu dilakukan oleh staf perpustakaan adalah menyusun konsep pengembangan, menentukan kebutuhan dari berbagai aspek (Sumber Daya Manusia, fisik, dan keuangan), serta berusaha meraih kepercayaan pimpinan atas proposal yang diajukan tersebut. Komitmen pimpinan dan integrasi antar unit kerja dalam hal ini menjadi kunci dari berjalannya sebuah program pengembangan perpustakaan. Dengan demikian, perpustakaan dapat tersambung dengan unit kerja lain untuk memperkaya koleksi dan mengembangkan layanan.

Termasuk di dalamnya adalah variasi program layanan, Bapak Wahyu Supriyanto, M. Si., Kepala Bidang Layanan menambahkan. Program layanan tersebut meliputi seminar, workshop, lokakarya, baik bagi pengguna perpustakaan maupun bagi staf perpustakaan agar dapat meningkatkan ketrampilan diri.

Pada kesempatan ini pula, tim Perpustakaan KPU RI menyempatkan diri melihat alat-alat digitalisasi dan layanan hasil digitasi di Perpustakaan UGM.(Cahya)

Trackback from your site.

Leave a comment