Perpustakaan menjadi pusat kegiatan masyarakat

Jumat, 25 Nopember 2016, Kepala Perpustakaan UGM, Ibu Nawang Purwanti, M.Lib. menerima lawatan dari Bupati Garut, Rudy Gunawan, S.H., M.H., MP dan Kepala Badan Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (BAPUSIPDA) Kabupaten Garut, Lisnawati, M.Si di Ruang Window of the World (WOW) Perpustakaan UGM. Lawatan ini merupakan satu upaya untuk membangun kerjasama antar perpustakaan dalam kaitannya dengan pengembangan fasilitas dan sumber daya informasi Perpustakaan di Kabupaten Garut.

Bapak Rudy Gunawan menyatakan bahwa gedung baru Perpustakaan di Kabupaten Garut hendaknya dapat menjadi tempat berkumpulnya masyarakat dari semua golongan, termasuk para mahasiswa. Pemerintah Kabupaten Garut memiliki harapan untuk dapat memperkaya sumber informasi bagi perguruan tinggi yang sedang berkembang di Garut. Oleh karena itu, Perpustakaan UGM menjadi salah satu penjajakan kerjasama untuk berbagi sumber daya informasi.

Hal tersebut disambut gembira oleh Ibu Nawang Purwanti selaku pimpinan Perpustakaan UGM. Berjejaring akan membantu perguruan tinggi untuk mengembangkan layanan dan meningkatkan kualitas perpustakaan dalam rangka pengkayaan pengetahuan informasi dan pengetahuan bagi civitas academica kedua belah pihak. Terlebih, ketika hal tersebut diinisiasi oleh pemerintah kabupaten yang memiliki jangkauan kepada masyarakat yang lebih luas. Harapannya Pengetahuan dan informasi perpustakaan dapat dimanfaatkan secara optimal dan menyentuh seluruh lapisan masyarakat.

Rombongan Bupati Garut, Kepala KPAD Garut Pertemuan tersebut selanjutnya meninjau layanan mandiri dan daring yang telah dikembangkan oleh Perpustakaan UGM, seperti layanan peminjaman mandiri, unggah mandiri, OPAC daring, MLibrary, dan repository daring. Semoga Perpustakaan UGM dapat menginspirasi bagi pengembangan Perpustakaan Kabupaten Garut menuju Garut Pangirutan Yang Tata Tengtrem Kerta Raharja Menuju Ridho Allah SWT.(Cahya)