Laman Web Perpustakaan, Sebuah Miniatur Perpustakaan

Hari Kamis, 26 Mei 2016, jam 09.00-12.00 WIB, Perpustakaan UGM mendapatkan kunjungan pustakawan dari Perpustakaan Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bandung, yang dipimpin langsung oleh Kepala Unit Perpustakaan, Ibu Mirza Astriani. Bersama dengan 3 (tiga) staf dari bagian pengolahan, layanan sirkulasi dan layanan terbitan berkala, STP Bandung merupakan sekolah yang berada di bawah Kementrian Pariwisata mereka mewakili perpustakaan STP Bandung untuk menimba ilmu pengetahuan tentang pengalaman Perpustakaan UGM dalam membangun dan mengembangkan laman web Perpustakaan. Perpustakaan UGM dipandang memiliki laman web yang cukup lengkap kontennya dan mudah diakses bagi siapa saja yang ingin mengenal layanan Perpustakaan UGM.

Wahyu Supriyanto, Kepala Bidang Layanan Perpustakaan UGM menyampaikan, bahwa laman web Perpustakaan UGM dilengkapi dengan berbagai macam panduan akses ke sumber sumber informasi dan layanan yang tersedia untuk membantu mahasiswa dan masyarakat yang memerlukan informasi namun tidak cukup punya waktu untuk berkunjung. Laman web Perpustakaan UGM tersebut juga dilengkapi dengan saluran komunikasi bagi saran dan kritik dengan menu “ASPIRASI UGM”, surel perpustakaan, dan “LIVE CHAT” dari bidang layanan Teknologi Informasi, serta whatsap untuk layanan unggah mandiri bagi mahasiswa UGM.

Laman Web Perpustakaan, menurut Nur Cahyati Wahyuni (Humas Perpustakaan UGM), merupakan miniatur perpustakaan, dimana layanan, koleksi, dan informasi Perpustakaan UGM terwakili sebagian dan dapat diakses oleh publik. Jika menginginkan informasi yang lebih komplit, selanjutnya dapat mengunjungi Perpustakaan UGM.

Tukar pengalaman dilanjutkan dengan praktek langsung di bagian layanan perpustakaan koleksi cetak dan elektronik, serta sedikit tentang pengolahan perpustakaan. Hal ini penting, agar pustakawan STP Bandung memiliki pengetahuan dan pengalaman dalam melayanankan dan menggunakan layanan perpustakaan, baik secara daring melalui laman web Perpustakaan UGM dan secara langsung unit pengolahan dan layanan Perpustakaan UGM.(Cahya)

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.