Menelisik Ludruk dalam perspektif historiografi dari Koleksi Perpustakaan UGM

[Kamis, 11/04/2019] Untuk ke-2 kalinya, alumnus UGM, Bapak Lutfi Ismail, M.A., mengajak mahasiswanya untuk belajar secara langsung mengaplikasikan langkah heuristik dalam penulisan historiografi di Perpustakaan UGM. Kali ini, mahasiswa Prodi Ilmu Sejarah Tahun 2016 berjumlah 25 orang, menelusur berbagai macam buku, karya akhir, dan jurnal, untuk riset kali ini.

Bapak Arif Surachman, MBA selaku Kepala Bidang Database dan Jaringan Perpustakaan UGM menyambut gembira rombongan calon intelektual muda tersebut. Harapannya tentu saja, koleksi Perpustakaan UGM dapat mendukung tugas pembelajaran Historiografi yang saat ini sedang tren dalam bidang Ilmu Sejarah. Didampingi oleh Rini Iswandari, SIP. (Pustakawan Sirkulasi), Janu Saptari, SIP. (Pustakawan Referensi dan Terbitan Berkala), dan Sarwana, SIP., M.A. (Pustakawan Karya Akhir), rombongan menelusur literatur yang diperlukan.

Yang menggembirakan adalah tersedianya koleksi Ludruk dari tahun 1980 an dari Koleksi Langka Perpustakaan UGM yang dirujuk oleh mahasiswa tersebut. Di UGM sendiri, secara keseluruhan, terdapat 157 koleksi (buku, tesis/disertasi/skripsi, artikel jurnal) yang memiliki kata kunci ludruk. Yang berbentuk buku dengan judul yang tertera kata “ludruk”, terdapat 8 koleksi, yaitu 2 koleksi di Perpustakaan Fakultas Ilmu Budaya, dan 6 koleksi berada di Perpustakaan Pusat UGM. Sedangkan dalam bentuk hasil penelitian sejumlah 38 judul.
Koleksi tersebutlah yang dibaca dan disarikan oleh mahasiswa untuk tugas kali. [Humas: Cahya]

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.