Referensi dan Penelusuran

Layanan Referensi dan Terbitan Berkala

Layanan referensi sering disebut juga jasa rujukan dan Terbitan Berkala terletak di Gedung L6 Lantai 1 Perpustakaan UGM, bertujuan membantu pemustaka menemukan literatur atau informasi untuk kegiatan penelitian maupun penulisan ilmiah dengan merujuk ke sumber-sumber yang tersedia. Sumber-sumber rujukan tersebut meliputi:

  1. Kamus; terdiri dari kamus bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kamus istilah bidang ilmu, kamus bahasa isyarat, kamus visual, glosarium, dsb.
  2. Ensiklopedi; misalnya, Ensiklopedi Nasional, Ensiklopedi Wayang, Ensiklopedi Islam, Ensiklopedi Geografi, dan ensiklopedi berbagai bidang ilmu, seperti bidang kesehatan dan tumbuh-tumbuhan
  3. Handbook, manual, dan guide dari berbagai disiplin ilmu; misalnya handbook of engineering, manual kesehatan, nursing drug guide, industri kehutanan di Indonesia, dll.
  4. Indeks, katalog, dan abstrak; misalnya, indeks Al Quran, indeks nama latin tumbuh-tumbuhan, katalog museum, abstrak karya ilmiah, indeks peraturan perundang-undangan Republik Indonesia, dsb.
  5. Almanak, laporan tahunan, dan buku tahunan; misalnya Almanak Kepolisian Republik Indonesia, dan Laporan Tahunan Bank Indonesia
  6. Sumber-sumber sejarah, geografi, dan biografi tokoh-tokoh nasional dan dunia
  7. Direktori atau daftar alamat; misalnya daftar alamat perusahaan besar dan alamat industri pengolahan di Indonesia (manufacturing directory)
  8. Koleksi Asian Development Bank; meliputi ADB: projects and reports, key indicators, ADB Proceedings and annual meetings, baik dalam bentuk cetak maupun elektronik
  9. Koleksi statistik dari BPS (Badan Pusat Statistik); terdiri dari Statistik Indonesia, sensus pertanian, data ekspor-impor, statistik potensi desa, dsb.
  10. Koleksi Peraturan Peraturan Perundang-Undangan Republik Indonesia; berupa peraturan di berbagai bidang, Himpunan Peraturan Perundang-Undangan, Kitab Undang-Undang Hukum Pidana, Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana, KUH Perdata, engelbrecht, agraria, UUD 1945, dan peraturan kepegawaian. Peraturan perundang-undangan tersedia dalam bentuk cetak maupun elektronik (file pdf.)
Referensi dan Penelusuran

Ruang baca dan belajar

Selain menyediakan berbagai jenis referensi di atas, unit ini juga menyediakan layanan jawaban pertanyaan secara langsung (Ask the Librarian) meliputi:

  1. Jasa rujukan cepat, yaitu petugas memberikan jawaban langsung atas permintaan informasi dari pemustaka yang jawabannya bersumber dari kamus, ensiklopedia, handbook, indeks dan sumber referensi lainnya
  2. Jasa penelusuran literatur, yaitu jasa pencarian literatur bentuk cetak maupun elektronik yang berada di seluruh perpustakaan di lingkungan UGM, dari database dilanggan Perpustakaan, maupun dari sumber-sumber di luar Perpustakaan UGM (opencontent)
  3. Jasa bimbingan pemustaka, yaitu jasa informasi umum terkait dengan informasi umum unit, jenis layanan yang diberikan, dan denah atau petunjuk keberadaan koleksi
  4. Jasa bimbingan pemakaian sumber-sumber rujukan, meliputi layanan pengenalan sumber-sumber rujukan yang berkaitan dengan isi, susunan, dan cara untuk menemukan sebuah informasi dengan memanfaatkan sumber-sumber tercetak maupun elektronik.

Tersedia pula layanan penggandaan informasi (melalui fotokopi, burning, copy file yang diunduh, dan scan/foto gambar/lukisan dari koleksi referensi tertentu), locker, komputer untuk penelusuran informasi dan akses internet, ruang WiFi, dan ruang baca/ruang belajar.

Bagian Terbitan Berkala

Akses internet bagi pemustaka

Layanan Terbitan Berkala, juga berada dalam ruang ini. Pemustaka dapat membaca jurnal, majalah, surat kabar maupun terbitan berkala lainnya. Terdapat berbagai judul majalah/jurnal cetak lepas maupun terjilid sebagai sumber informasi bagi pemustaka. Untuk memudahkan penelusuran disediakan Katalog online (OPAC).

Ruang Baca Terbitan Berkala

Koleksi jurnal

Berikut ini beberapa tautan berkaitan dengan terbitan berkala:

Database atau Jurnal yang Dilanggan UGM
Database Jurnal Terbitan UGM
Jurnal-jurnal UGM Online

Apabila pemustaka tidak dapat berkunjung langsung ke perpustakaan, permintaan penelusuran literatur dapat melalui:

  1. Unit Referensi Perpustakaan UGM, telepon 0274-64982175, melalui e-mail: library@ugm.ac.id atau kontak:
  2. Janu Saptari, SIP.
  3. Aprilia, SIP. melalui: e-mail aprilia.mardiastuti@mail.ugm.ac.id
  4. Diah Ari Damayanti, A.Md.
  5. Supriyanto, A.Md.