FAQ

Frequently Asked Questions (FAQ)

Apakah mahasiswa luar UGM atau non-civitas academica UGM diijinkan menggunakan dan mengakses fasilitas dan koleksi Perpustakaan UGM?

Diijinkan dengan syarat tertentu, yaitu:

  1. Membuat Reader’s Ticket (valid 1 hari) atau Kartu Baca (valid 3 bulan) di bagian layanan informasi Perpustakaan UGM
  2. Membuat Kartu Sakti (ket: www.fkp2tn.org) di Perpustakaan Universitas asal mahasiswa untuk akses gratis.
    Informasi lebih lengkap ada di http://lib.ugm.ac.id/ind/?page_id=269#noncivitas.

Apakah mahasiswa luar UGM atau non-civitas academica UGM dapat meminjam koleksi Perpustakaan UGM?

Saat ini belum dimungkinkan untuk melakukan peminjaman. Mahasiswa luar UGM atau non-civitas academica UGM hanya dapat membaca di tempat dan memfotokopi bagian tertentu sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Ketentuan apa yang harus dipenuhi jika mahasiswa luar UGM atau non civitas academica UGM membutuhkan untuk menyalin/menggandakan sebagian buku/artikel/karya ilmiah/karya tugas akhir?

Penyalinan/penggandaan untuk buku/artikel/karya ilmiah/karya tugas akhir dapat dilakukan di layanan terkait. Khusus untuk karya tugas akhir, Pemustaka hanya diperkenankan menyalin halaman judul, abstrak, daftar isi, bab pendahuluan, bab penutup/ kesimpulan, daftar pustaka.
Tarif yang berlaku adalah sebagai berikut: http://lib.ugm.ac.id/ind/?page_id=295

Bagaimana mengakses jurnal dan database online?

Akses jurnal dan database online dapat dilakukan melalui wifi atau hotspot UGM, jaringan komputer UGM dan fasilitas Akses e-jurnal. Akses melalui wifi/hotspot dan jaringan lokal komputer UGM dapat dilakukan dengan mengakses alamat jurnal atau database online secara langsung atau melalui web perpustakaan di bagian e-resources atau banner pada halaman depan.

Apakah Direct Access itu?

Direct Access adalah salah satu fasilitas akses jurnal / database online yang dilanggan UGM menggunakan akun e-mail (SSO) UGM sehingga civitas academica dapat mengakses di luar lingkungan UGM.

Dimana alamat Direct Access?

Alamat direct access ada di http://ezproxy.ugm.ac.id

Berapa banyak koleksi yang dapat dipinjam?

Setiap peminjaman koleksi di Perpustakaan UGM maksimal sebanyak 10 eksemplar/judul.

Berapa lama waktu peminjaman koleksi?

Lama waktu peminjaman koleksi yang diperkenankan adalah selama 10 hari kerja

Berapa kali dapat dilakukan perpanjangan peminjaman koleksi?

Perpanjangan koleksi dapat dilakukan sebanyak 1 kali

Apakah dapat dilakukan perpanjangan secara online?

Ya, perpanjangan online dapat dilakukan melalui OPAC.

Berapa besar denda keterlambatan pengembalian koleksi?

Besar denda keterlambatan pengembalian koleksi adalah 1000 rupiah / hari / eksemplar

Kemana pembayaran denda dapat dilakukan?

Pembayaran denda keterlambatan dapat dilakukan langsung di bagian layanan sirkulasi.

Apakah kita bebas menggunakan Wifi atau Hotspot di Perpustakaan?

Akses hotspot dan wifi di perpustakaan saat ini menggunakan menggunakan SSO (single sign on). Artinya pengguna harus memiliki akun SSO atau e-mail UGM untuk dapat mengakses wifi / hotspot yang tersedia.

Apa yang harus saya lakukan untuk dapat terhubung ke jaringan Internet/ WiFi Perpustakaan UGM?

  • Aktifkan fasilitas WiFi di perangkat anda.
  • Gunakan access point yang paling kuat sinyalnya.
  • Apabila poin 2 gagal, cobalah gunakan access point lain yang paling memungkinkan.
  • Apabila poin 3 tidak berhasil, cobalah restart perangkat anda.
  • Apabila poin 4 tidak berhasil, anda dapat menghubungi IT helpdesk Perpustakaan UGM yang berlokasi di Gedung L6 Lantai 2.

Mengapa perangkat saya tidak bisa terhubung ke jaringan internet/ WiFi perpustakaan UGM?

Beberapa permasalahan yang biasanya menyebabkan perangkat anda tidak bisa terhubung ke jaringan WiFi kami:

  • Fasilitas WiFi belum diaktifkan. Biasanya perangkat anda memiliki fasilitas untuk mengaktifkan/menonaktifkan WiFi. Seringkali pengguna tidak sengaja atau lupa menekan tombol tertentu yang menyebabkan WiFi NonAktif.
  • Kemungkinan batas maksimal jumlah pengguna WiFi sudah terpenuhi. Apabila anda tidak bisa terhubung ke jaringan kami dikarenakan sebab ini, maka anda bisa mencoba kembali melakukan koneksi dalam interval waktu tertentu.
  • Beberapa perangkat (misal: notebook) perlu di-restart ulang untuk dapat terhubung ke jaringan WiFi. Solusi ini seringkali dapat memecahkan permasalahan anda.