FAQ

Frequently Asked Questions (FAQ)

Apakah mahasiswa luar UGM atau non-civitas academica UGM diijinkan menggunakan dan mengakses fasilitas dan koleksi Perpustakaan UGM?

Diijinkan dengan syarat tertentu, yaitu:

  1. Membuat Reader’s Ticket (valid 1 hari) atau Kartu Baca (valid 3 bulan) di bagian layanan informasi Perpustakaan UGM
  2. Membuat Kartu Sakti (ket: www.fkp2tn.org) di Perpustakaan Universitas asal mahasiswa untuk akses gratis.
    Informasi lebih lengkap ada di http://lib.ugm.ac.id/ind/?page_id=269#noncivitas.

Apakah mahasiswa luar UGM atau non-civitas academica UGM dapat meminjam koleksi Perpustakaan UGM?

Saat ini belum dimungkinkan untuk melakukan peminjaman. Mahasiswa luar UGM atau non-civitas academica UGM hanya dapat membaca di tempat dan memfotokopi bagian tertentu sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Ketentuan apa yang harus dipenuhi jika mahasiswa luar UGM atau non civitas academica UGM membutuhkan untuk menyalin/menggandakan sebagian buku/artikel/karya ilmiah/karya tugas akhir?

Penyalinan/penggandaan untuk buku/artikel/karya ilmiah/karya tugas akhir dapat dilakukan di layanan terkait. Khusus untuk karya tugas akhir, Pemustaka hanya diperkenankan menyalin halaman judul, abstrak, daftar isi, bab pendahuluan, bab penutup/ kesimpulan, daftar pustaka.
Tarif yang berlaku adalah sebagai berikut: http://lib.ugm.ac.id/ind/?page_id=295

Bagaimana mengakses jurnal dan database online?

Akses jurnal dan database online dapat dilakukan melalui wifi atau hotspot UGM, jaringan komputer UGM dan fasilitas Akses e-jurnal. Akses melalui wifi/hotspot dan jaringan lokal komputer UGM dapat dilakukan dengan mengakses alamat jurnal atau database online secara langsung atau melalui web perpustakaan di bagian e-resources atau banner pada halaman depan.

Apakah Direct Access itu?

Direct Access adalah salah satu fasilitas akses jurnal / database online yang dilanggan UGM menggunakan akun e-mail (SSO) UGM sehingga civitas academica dapat mengakses di luar lingkungan UGM.

Dimana alamat Direct Access?

Alamat direct access ada di http://ezproxy.ugm.ac.id

Berapa banyak koleksi yang dapat dipinjam?

Setiap peminjaman koleksi di Perpustakaan UGM maksimal sebanyak 10 eksemplar/judul.

Berapa lama waktu peminjaman koleksi?

Lama waktu peminjaman koleksi yang diperkenankan adalah selama 10 hari kerja

Berapa kali dapat dilakukan perpanjangan peminjaman koleksi?

Perpanjangan koleksi dapat dilakukan sebanyak 1 kali

Apakah dapat dilakukan perpanjangan secara online?

Ya, perpanjangan online dapat dilakukan melalui OPAC.

Berapa besar denda keterlambatan pengembalian koleksi?

Besar denda keterlambatan pengembalian koleksi adalah 1000 rupiah / hari / eksemplar

Kemana pembayaran denda dapat dilakukan?

Pembayaran denda keterlambatan dapat dilakukan langsung di bagian layanan sirkulasi.

Apakah kita bebas menggunakan Wifi atau Hotspot di Perpustakaan?

Akses hotspot dan wifi di perpustakaan saat ini menggunakan menggunakan SSO (single sign on). Artinya pengguna harus memiliki akun SSO atau e-mail UGM untuk dapat mengakses wifi / hotspot yang tersedia.

Apa yang harus saya lakukan untuk dapat terhubung ke jaringan Internet/ WiFi Perpustakaan UGM?

  • Aktifkan fasilitas WiFi di perangkat anda.
  • Gunakan access point yang paling kuat sinyalnya.
  • Apabila poin 2 gagal, cobalah gunakan access point lain yang paling memungkinkan.
  • Apabila poin 3 tidak berhasil, cobalah restart perangkat anda.
  • Apabila poin 4 tidak berhasil, anda dapat menghubungi IT helpdesk Perpustakaan UGM yang berlokasi di Gedung L6 Lantai 2.

Mengapa perangkat saya tidak bisa terhubung ke jaringan internet/ WiFi perpustakaan UGM?

Beberapa permasalahan yang biasanya menyebabkan perangkat anda tidak bisa terhubung ke jaringan WiFi kami:

  • Fasilitas WiFi belum diaktifkan. Biasanya perangkat anda memiliki fasilitas untuk mengaktifkan/menonaktifkan WiFi. Seringkali pengguna tidak sengaja atau lupa menekan tombol tertentu yang menyebabkan WiFi NonAktif.
  • Kemungkinan batas maksimal jumlah pengguna WiFi sudah terpenuhi. Apabila anda tidak bisa terhubung ke jaringan kami dikarenakan sebab ini, maka anda bisa mencoba kembali melakukan koneksi dalam interval waktu tertentu.
  • Beberapa perangkat (misal: notebook) perlu di-restart ulang untuk dapat terhubung ke jaringan WiFi. Solusi ini seringkali dapat memecahkan permasalahan anda.

Komentar (10)

  1. andrey ferriyan 3 tahun lalu

    Mohon maaf apakah account atas nama andrey.ferriyan diblokir ?. Kira-kira apa yang harus saya lakukan agar bisa dibuka kembali ?. Terima kasih

    • Arif Surachman 3 tahun lalu

      Kami tidak melalukan pemblokiran account atas nama anda. Kami akan melalukan pemblokiran pada account yang melanggar ketentuan akses direct access atau ezproxy misal mendownload jurnal online dengan menggunakan aplikasi yang memungkinkan download secara massive dan massal dalam waktu singkat.

  2. alin liana 3 tahun lalu

    Aslm… dear admin, apa yang terjadi dengan akun saya? setiap akan masuk ke akun perpus (mendownload jurnal) akan muncul tulisan seperti ini “sessions reached, please try again later” ini maksudnya apa? mohon pencerahan. terima kasih

    • Arif Surachman 3 tahun lalu

      Saudara Alin Ysh,

      Mohon maaf, beberapa waktu lalu memang ada sedikit gangguan di Ezproxy, tapi sekarang mestinya sudah tidak ada masalah.

      Salam
      Arif Surachman

  3. anindya 3 tahun lalu

    MOHON MAAF SAYA MAU TANYA, JIKA SAYA LUPA ALAMAT EMAIL UGM SAYA APA BISA DIKIRIMKAN LEWAT EMAIL SAYA? SAYA MAHASISWI Pascasarjana, ini nim saya: 12/340118/pmu/07534. terima kasih.

    • Arif Surachman 3 tahun lalu

      Silahkan datang ke Perpustakaan UGM dengan membawa kartu identitas mahasiswa dan menemui Sdr. Haryanta atau bisa datang ke PSDI UGM ke bagian pendaftaran e-mail.

      Salam
      Arif S

  4. Shirin Alwi 3 tahun lalu

    Dear Admin,

    saya sedang menulis Thesis di Goethe universitas Frankfurt di jerman Yang berthemakan Y:B.Mangunwijaya. Untuk ini, saya memerlukan copy dari Buku beliau Yang berjudulkan “Menuju Republik Indonesia Serikat”. Adakah kemungkinan untuk saya melakukan pesanan untuk Foto copy? Biayanya tentunya akan saya tanggung.
    terima kasih sebelumnya,
    Shirin Alwi

  5. Chris adhiyanto 3 tahun lalu

    saya INGIN MENANYAKAN APAKAH DI UGM ADA DISERTASI YANG BERJUDUL : Heterogenitas Molekular Gen Globin-β di Indonesia: kaitannya dengan pola penyebaran thalasemia-β dan Afinitas Genetik antar populasi di Indonesia. DENGAN PENULISNYA LANNI F TAHUN 2002