Frequently Asked Questions (FAQ)

A. AKSES SUMBER DAYA ELEKTRONIK (E-RESOURCES)

  1. Apakah yang dimaksud dengan E-Resources?
  2. E-Resources atau sumber daya elektronik adalah segala macam sumber informasi dan publikasi yang disediakan dan diakses secara elektronik (online), contohnya e-journal (jurnal elektronik), e-book (buku elektronik), e-datasheet (datasheet elektronik), dan sejenisnya.

  3. Bagaimana cara mengakses E-Resources dilanggan UGM?
    • Akses dari dalam kampus (on Campus)
    • Akses dari dalam kampus UGM (mengunakan komputer / wifi UGM) dapat dilakukan dengan menggunakan akses internet UGM, kemudian langsung akses ke alamat penyedia e-resources. Daftar e-resources yang dapat diakses silahkan lihat melalui laman web perpustakaan UGM yakni Beranda >> E-resources >> Database, jurnal dan buku elektronik (http://lib.ugm.ac.id/ind/?page_id=194)
      Atau gunakan banner dan link http://lib.ugm.ac.id/ind/?page_id=1498 dan pilih YA apabila anda berada di dalam kampus.

    • Akses dari luar kampus (off Campus)
    • Akses dari luar kampus UGM (menggunakan jaringan internet dari provider di luar UGM) dapat dilakukan dengan menggunakan fasilitas Direct Access yakni http://ezproxy.ugm.ac.id dengan menggunakan akun Single Sign On/SSO atau akun E-mail UGM. Akses ini hanya dapat dilakukan oleh sivitas akademika UGM yang masih aktif.
  4. Bagaimana cara mendapatkan akses e-resources berupa tugas akhir, skripsi, thesis, disertasi UGM (ETD / Electronic Theses Dissertation)?
  5. Akses dapat dilakukan melalui http://etd.repository.ugm.ac.id. Apabila Anda adalah sivitas akademika UGM yang membutuhkan akses fulltext (naskah lengkap), silakan menghubungi petugas melalui Bantuan Layanan Pengguna Perpustakaan UGM dengan mengisi formulir pernyataan dan menyertakan copy scan file Kartu Mahasiswa.
    *Syarat dan ketentuan berlaku.

  6. Bagaimana mendapatkan artikel atau sumber daya (e-resources) yang tidak dimiliki atau dilanggan oleh UGM?
  7. Perpustakaan UGM akan membantu mendapatkan artikel yang dibutuhkan dengan memanfaatkan jejaring yang dimiliki. Silahkan kirimkan permintaan beserta link URL ke layanan.lib@ugm.ac.id

B. PEMINJAMAN & PENGEMBALIAN KOLEKSI PERPUSTAKAAN (FISIK)

  1. Berapa banyak koleksi yang dapat dipinjam?
  2. 10 eksemplar/judul di Perpustakan Pusat UGM, sedangkan di perpustakaan Fakultas/Sekolah menyesuaikan kebijakan masing-masing.

  3. Berapa lama waktu peminjaman koleksi?
  4. 10 hari kerja/pinjaman untuk di perpustakaan Pusat UGM, sedangkan di perpustakaan Fakultas/Sekolah menyesuaikan masing-masing.

  5. Berapa kali dapat dilakukan perpanjangan peminjaman koleksi?
  6. Perpanjangan koleksi hanya dapat dilakukan sebanyak satu kali, selanjutnya harus menghubungi petugas untuk memperpanjang kembali.

  7. Apakah dapat dilakukan perpanjangan secara online?
  8. online dapat dilakukan melalui OPAC (asal belum terlambat), dengan login menggunakan akun yang diperoleh pada saat aktivasi keanggotaan. Hubungi layanan.lib@ugm.ac.id apabila belum mendapatkan akun untuk login.

  9. Berapa besar denda keterlambatan pengembalian koleksi?
  10. 2000 rupiah / hari / eksemplar di Perpustakaan Pusat, sedangkan di Perpustakaan Fakultas/Sekolah sesuai kebijakan masing-masing.

  11. Kemana pembayaran denda dapat dilakukan?
  12. Pembayaran dibayarkan langsung ke bagian layanan sirkulasi di Perpustakaan Pusat UGM, sedangkan untuk perpustakaan fakultas/sekolah sesuai kebijakan masing-masing. Saat ini perpustakaan pusat belum menggunakan pembayaran secara online/elektronik.

  13. Bagaimana peminjaman, pengembalian, perpanjang pinjaman buku dan pembayaran denda dilakukan selama masa Darurat COVID 19?
  14. Selama masa darurat COVID 19 peminjaman, pengembalian, dan perpanjang pinjaman buku secara fisik tidak dapat dilakukan, denda keterlambatan ditiadakan selama masa Darurat Covid 19.

C. UNGGAH MANDIRI & BEBAS PUSTAKA

  1. Apakah Unggah Mandiri itu?
  2. Unggah Mandiri adalah proses penyerahan karya tulis mahasiswa (tugas akhir, skripsi, thesis dan disertasi) dan proses bebas pustaka mandiri secara online melalui laman web http://unggah.etd.ugm.ac.id.

  3. Apakah yang perlu dipersiapkan untuk Unggah Mandiri?
  4. Untuk melakukan unggah mandiri siapkan: (1) Nomer Induk Mahasiswa dan akun Akun SSO/E-mail UGM; (2) File karya tulis dalam bentuk PDF dan sudah sesuai ketentuan (http://lib.ugm.ac.id/ind/?page_id=939); (3) lihat persyaratan lain pada laman web unggah.

  5. Mengapa pengajuan Unggah Mandiri kami ditolak?
  6. Penolakan oleh verifikator biasanya dikarenakan permasalahan penulisan file yang tidak sesuai ketentuan, file belum dilengkapi dibookmark, halaman pengesahan belum lengkap, surat pernyataan belum ada, dan penulisan data terutama di abstrak masih terdapat missing character.

  7. Bagaimana apabila halaman pengesahan belum lengkap dikarenakan dosen pembimbing, penguji atau pengelola sedang tidak berada di tempat sementara waktu pendaftaran wisuda terbatas?
  8. Mahasiswa tetap dapat melakukan UNGGAH MANDIRI SEMENTARA dengan ketentuan sudah ada surat rekomendasi atau pemberitahuan secara resmi dari bagian akademik fakultas/sekolah ke perpustakaan pusat. Mahasiswa WAJIB melakukan UNGGAH ULANG naskah lengkap sebelum wisuda dilakukan.

  9. Mengapa saya tidak dapat login ke dalam laman web unggah mandiri?
  10. Tidak dapat login ke sistem biasanya dikarenakan adanya ketidak sesuaian data yang ada di akademik (heregistrasi) atau status keaktifan mahasiswa. Hubungi kontak kami melalui  WA 0857 2508 1628 atau e-mail ke infounggah@ugm.ac.id dan basisdata.lib@ugm.ac.id

  11. Bagaimana apabila saya masih mempunyai tanggungan denda atau pinjaman buku ketika proses unggah mandiri dilakukan?
  12. Proses unggah mandiri tidak dapat dilakukan apabila masih ada tanggungan denda atau pinjaman buku. Untuk itu sivitas akademika wajib menyelesaikan terlebih dahulu kewajiban sebelum melanjutkan proses unggah mandiri.

D. PENGUNA LUAR UGM

  1. Apakah mahasiswa luar UGM atau non-civitas academica UGM diijinkan menggunakan dan mengakses fasilitas dan koleksi Perpustakaan UGM?
  2. YA. Dengan syarat: (a) Membuat Reader’s Ticket (valid 1 hari) atau Kartu Baca (valid 3 bulan) di bagian layanan informasi Perpustakaan UGM; (b) Membuat Kartu Sakti (ket: www.fkp2tn.org) di Perpustakaan Universitas asal mahasiswa untuk akses gratis. Informasi lebih lengkap ada di http://lib.ugm.ac.id/ind/?page_id=269#noncivitas.

  3. Apakah mahasiswa luar UGM atau non-civitas academica UGM dapat meminjam koleksi Perpustakaan UGM?
  4. TIDAK. Mahasiswa luar UGM atau non-civitas academica UGM hanya dapat membaca di tempat dan memfotokopi bagian tertentu sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

  5. Ketentuan apa yang harus dipenuhi jika mahasiswa luar UGM atau non civitas academica UGM membutuhkan untuk menyalin/menggandakan sebagian buku/artikel/karya ilmiah/karya tugas akhir?
  6. Penyalinan/penggandaan untuk buku/artikel/karya ilmiah/karya tugas akhir dapat dilakukan di layanan terkait. Khusus untuk karya tugas akhir, Pemustaka hanya diperkenankan menyalin halaman judul, abstrak, daftar isi, bab pendahuluan, bab penutup/ kesimpulan, daftar pustaka. Tarif yang berlaku adalah sebagai berikut: http://lib.ugm.ac.id/ind/?page_id=295

  7. Bagaimana apabila mahasiswa luar UGM atau non sivitas akademika UGM akan mengakses internet di Perpustakaan UGM?
  8. Mintalah akun tamu/guest ke petugas di bagian helpdesk/IT Support untuk dapat mengakses internet/wifi di perpustakaan UGM.

E. AKSES INTERNET / WIFI

  1. Apakah sivitas akademika bebas menggunakan Wifi atau fasilitas Hotspot di Perpustakaan?
  2. YA. Sivitas akademika UGM dapat memanfaatkan wifi/hotspot di perpustakaan dengan menggunakan akun SSO yang tersedia.

  3. Apa yang harus saya lakukan untuk dapat terhubung ke jaringan Internet/ WiFi Perpustakaan UGM?
    • Aktifkan fasilitas WiFi di perangkat anda.
    • Gunakan access point yang paling kuat sinyalnya.
    • Apabila poin 2 gagal, cobalah gunakan access point lain yang paling memungkinkan.
    • Apabila poin 3 tidak berhasil, cobalah restart perangkat anda.
    • Apabila poin 4 tidak berhasil, anda dapat menghubungi IT helpdesk Perpustakaan UGM yang berlokasi di Gedung L6 Lantai 2.
  4. Mengapa perangkat saya tidak bisa terhubung ke jaringan internet/ WiFi perpustakaan UGM?
  5. Beberapa permasalahan yang biasanya menyebabkan perangkat anda tidak bisa terhubung ke jaringan WiFi kami:
    1. Fasilitas WiFi belum diaktifkan. Biasanya perangkat anda memiliki fasilitas untuk mengaktifkan/menonaktifkan WiFi. Seringkali pengguna tidak sengaja atau lupa menekan tombol tertentu yang menyebabkan WiFi NonAktif.
    2. Kemungkinan batas maksimal jumlah pengguna WiFi sudah terpenuhi. Apabila anda tidak bisa terhubung ke jaringan kami dikarenakan sebab ini, maka anda bisa mencoba kembali melakukan koneksi dalam interval waktu tertentu.
    3. Beberapa perangkat (misal: notebook) perlu di-restart ulang untuk dapat terhubung ke jaringan WiFi. Solusi ini seringkali dapat memecahkan permasalahan anda.

F. KONTAK INFORMASI

Apabila saya membutuhkan informasi lebih lanjut, di manakah kami dapat menghubungi staf perpustakaan?
Hubungi melalui email dan WA: