Panduan Akses Database/Jurnal Online

AKSES DALAM KAMPUS (ON SITE)

Akses ke online database yang dilanggan UGM dari lingkungan kampus (on site) menggunakan jaringan UGM tidak memerlukan username dan password. Akses dari dalam kampus dapat dilakukan dengan mengakses laman Perpustakaan UGM di http://lib.ugm.ac.id. Berikut tampilan laman Perpustakaan UGM.

Website Perpustakaan

Dari tampilan di atas, langkah berikutnya ada beberapa pilihan, pertama dapat dilakukan dengan meng-klik “e-Resources” pada menu, kemudian meng-klik “Database, Jurnal, dan Buku Elektronik Online” (lihat gambar panah).

Database, Jurnal dan Buku Elektronik

Setelah itu akan tampak daftar Jurnal, Database maupun Buku Elektronik seperti berikut.

Daftar Langganan Database, Jurnal dan Buku Elektronik

Selain itu akses dapat dilakukan dengan meng-klik Database, Jurnal, dan Buku Elektronik Online dari kolom menu E-Resources yang berada di bagian bawah seperti pada gambar berikut ini.

Logo Jurnal/Database

AKSES LUAR KAMPUS (OFF SITE)

Akses dari luar kampus juga dapat dilakukan dalam 2 cara; yaitu melalui laman Perpustakaan atau langsung menggunakan ezproxy. Untuk akses melalui laman perpustakaan, silakan klik http://lib.ugm.ac.id; selanjutnya dalam tampilan laman arahkan kursor Anda ke tombol “Akses e-Jurnal” seperti dalam tampilan berikut.

Tautan Akses Jurnal Elektronik

Setelah Anda meng-klik tombol “Akses e-Jurnal” akan masuk ke halaman Akses e-Journals, e-Databases dan e-Books, akan ada pertanyaan mengenai keberadaan akses kita, klik tombol “Tidak” (lihat gambar dilingkari) karena tidak menggunakan jaringan UGM.

Selanjutnya akan tampil halaman Single Sign On (SSO) berikut ini.

Single Sign On

Gunakan akun e-mail ugm.ac.id yang Anda miliki untuk mengisi bagian UGM ID dan Password sesuai dengan akun dan password e-mail Anda. Misalnya akun e-mail gatotkaca@ugm.ac.id, maka cukup isikan gatotkaca saja tanpa perlu menuliskan “@ugm.ac.id”. Berikutnya tempatkan kursor di baris isian “Password” untuk mengisi password-nya. Kemudian klik tombol “LOGIN” untuk masuk ke halaman online database. Jika sudah berhasil, akan tampak halaman seperti berikut ini:

Daftar Jurnal/Database Direct Access

Akses menggunakan ezproxy hanya dapat dilakukan oleh pemilik akun e-mail ugm.ac.id, selanjutnya Anda akan diarahkan ke menu SSO.

CATATAN:

Bagi Anda yang belum memiliki akun ugm.ac.id dapat melakukan registrasi ke Direktorat Sistem dan Sumber Daya Informasi (DSSDI) UGM, ketentuan mengenai layanan e-mail dapat dicek di https://dssdi.ugm.ac.id/

Anda perlu mengaktifkan/verifikasi e-mail. Layanan aktivasi e-mail tersedia di Kantor DSSDI maupun Perpustakaan UGM di konter layanan e-mail , Gedung Perpustakaan L1 Lantai 1.

Kontributor: Ahmad Fakih Usman