Dasar Penelusuran Online

DASAR-DASAR PENELUSURAN ONLINE

Penelusuran informasi pada sumber-sumber informasi online diperlukan guna menemukan informasi yang kita butuhkan. Sementara itu jumlah informasi yang ada sangat beragam dan terus bertambah terlepas dari keakuratan informasi maupun duplikasi informasi yang tersedia. Di sisi lain kita memerlukan informasi yang cepat dan tepat sesuai dengan kebutuhan kita.

Sumber informasi online yang paling awal kita kenal adalah katalog perpustakaan (OPAC), selain itu kita juga mengenal internet serta database-database yang memuat informasi tertentu. OPAC akan memberikan informasi mengenai koleksi yang dimiliki oleh institusi, meskipun saat ini ada juga modifikasi untuk memberikan tautan ke sumber informasi yang ada di internet maupun sumber online lain. Internet juga merupakan sumber informasi yang cukup berguna walaupun tidak menjanjikan dapat memperoleh informasi sesuai yang kita inginkan. Sedang database online yang tersedia banyak sekali ragamnya baik berbayar ataupun gratis.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menelusur informasi:

  1. Kata kunci (keyword)
  2. Tajuk subjek (istilah baku yang digunakan untuk menelusur)
  3. Tesaurus
  4. Syntax (sintaks)
  5. Strategi penelusuran

Kata kunci atau sering dikenal dengan istilah keyword, merupakan kata ataupun frase yang digunakan untuk mewakili sebuah informasi, tidak hanya satu kata kunci, dapat lebih dari satu untuk mendeskripsikan sebuah informasi. Keyword ini dapat kita ciptakan sendiri ataupun mencari suatu kata atau frase yang memungkinkan untuk mendeskripsikan sebuah informasi. Misalnya kita akan mencari informasi tentang dampak perubahan iklim terhadap pertanian, kata kunci yang dapat digunakan adalah; iklim, perubahan iklim, pertanian. Selain itu dapat juga ditambahkan dengan kata kunci yang berhubungan misalnya angin, hujan, cuaca, hasil panen, pembibitan, pertumbuhan bibit, dsb.

Tajuk subjek atau istilah baku yang digunakan untuk menelusur juga merupakan kata atau frase yang digunakan untuk mewakili sebuah informasi, akan tetapi sudah tertentu polanya, atau dengan kata lain sudah dibakukan dan ada institusi yang mengelola serta menerbitkannya dalam sebuah daftar tajuk subjek baik yang umum maupun khusus. Banyak daftar tajuk subjek yang cukup terkenal, di antaranya, Library of Congress Subject Headings (LCSH), Sears List of Subject Heading, keduanya merupakan daftar tajuk subjek umum, untuk bidang khusus contohnya Medical Subject Headings (MeSH), BISAC Subject Headings. Subjek ini sering digunakan dalam penelusuran database online.

Tesaurus, ini hampir sama dengan tajuk subjek, namun terdapat hubungan hirarkis antar deskriptornya – kata atau frase yang digunakan sebagai tajuk dalam tesaurus – yang sangat membantu sekali dalam penelusuran. Contoh tesaurus ini misalnya UNESCO Thesaurus, National Agricultural Library’s Agricultural Thesaurus.

Syntax merupakan sekumpulan cara maupun ketentuan yang diberlakukan untuk menelusur suatu database. Ini merupakan kekhususan dan mungkin akan berbeda antara database satu dengan lainnya.

Strategi penelusuran adalah strategi yang akan kita susun serta pilih agar penelusuran kita dapat mencapai sasaran yang kita inginkan. Strategi penelusuran ini terkait dengan pemilihan kata kunci yang akan digunakan dan disusun dalam penelusuran.

Pada penelusuran dalam katalog (OPAC) terdapat tiga titik akses yang lazim digunakan, judul, pengarang, dan subjek. Ini dapat diterapkan juga untuk penelusuran dalam database.

Pemilihan kata kunci yang tepat ini perlu mempertimbangkan beberapa hal:

  1. Sinonim, ini biasanya perlu dipilih padanan dari kata kunci yang kita gunakan apabila dalam penelusuran mengalami kebuntuan, misalnya rumah kaca = green house. Ada kemungkinan informasi hanya dapat ditemukan jika menggunakan salah satu dari kata kunci tersebut.
  2. Jamak tunggal, bentuk-bentuk kata jamak dan tunggal misalnya, mouse = mice, tooth = teeth
  3. Variasi ejaan misal, color = colour, theater = theatre, centre = center, dsb
  4. Variasi kata dasar, rawat-perawatan, tani- pertanian
  5. Istilah ilmiah dan umum, misal Badak Jawa = Rhinoceros sondaicus
  6. Istilah khas suatu negara, car = vehicle, dissertation = thesis
  7. Akronim, CPU (Central Processing Unit), CSR (Corporate Social Responsibility), MT (Manual Transmission).

Dalam penelusuran juga ada beberapa operator atau sintaks yang umum digunakan, sebut saja boolean operator, truncation (pemenggalan), nesting, wild card, maupun exact search. Operator boole atau populer dengan sebutan boolean operator (AND, OR, dan NOT) dapat digunakan dalam menelusur informasi.

AND, operator ini akan memberikan hasil penelusuran berupa informasi yang mengandung kedua kata kunci yang dimaksudkan; misalnya di Jstor kita menelusur internet AND banking, dengan membatasi dalam bulan Januari 2013 berbahasa Inggris akan menjaring informasi yang mengandung kata kunci internet dan banking.

Boolean And

OR, operator ini akan menghasilkan informasi yang mengandung salah satu kata kunci atau kedua kata kunci. Contoh kita menelusur judul artikel jurnal peer reviewed diterbitkan dalam bulan Januari 2013, child OR diabetes, ini memperluas hasil penelusuran berupa informasi dengan kata kunci child atau diabetes

Boolean OR

Sample Boolean OR

NOT, penggunaan operator ini memberikan hasil penelusuran berupa informasi yang tidak mengandung kata kunci yang tertulis dibelakang operator tsb. Misalnya, diabetes NOT non-insulin-dependent diabetes, dokumen nantinya mengandung kata kunci insulin selain non-insulin dependent.

Boolean NOT

Boolean NOT Sample

Truncation merupakan penggunakan * pada kata kunci, contoh dalam Database Ebsco: diabe* dalam Januari 2013 akan ditemukan: diabetes, diabetic, diabetics, diabetIMSS, diabetica

Truncation Sample

Wildcard yaitu jenis truncation tetapi berada di tengah kata menggunakan operator? Contoh:

  • Wom?n = woman dan women

Wildcard Sample

Nesting, ini menggunakan operator +, – dan (….) atau kombinasi dari boolean operator, contoh ini diambil dari Ebsco (virus+computer)-trojan, atau bisa juga ditulis dengan (virus and computer) not trojan : hasilnya mengandung kata virus komputer tetapi bukan trojan.

Nesting Sample

Exact search atau disebut juga phrase search digunakan untuk mencari informasi yang mengandung kata kunci berupa frase dengan menggunakan operator “….” Misal kita akan mencari informasi tentang obat herbal makan ditulis “obat herbal”.

 

Daftar Pustaka

Faizuddin Harliansyah, Strategi penelusuran informasi ilmiah online, diakses 9 Juli 2013, http://www.slideshare.net/kangfaiz/strategi-penelusuran-informasi-ilmiah-online-13254509

Faizuddin Harliansyah, Strategi penelusuran informasi ilmiah online, diakses 9 Juli 2013, http://www.slideshare.net/kangfaiz/strategi-penelusuran-informasi-ilmiah-online-17741248

Safirotu Khoir (2012), Perpustakaan Universitas Gadjah Mada: what we offer. Materi Pelatihan Penulisan Jurnal dan Publikasi Perpustakaan UGM 5 Mei 2012.

Kontributor: Ahmad Fakih Usman