Pos oleh :

admin

Pemadaman listrik di lingkungan UGM

pemadaman listrik

Forum Pustakawan UGM Gelar Webinar Nasional Pengembangan Karir Jabatan Fungsional Pustakawan

Untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang formasi jabatan fungsional pustakawan serta memberikan motivasi bagi pustakawan dalam meningkatkan kompetensinya, Forum Pustakawan UGM telah sukses menyelenggarakan Webinar Nasional Pengembangan Karir Jabatan Fungsional Pustakawan: Strategi Pengelolaan Dokumen PAK pada hari Rabu, tanggal 23 November 2022 melalui daring. Jumlah peserta melampaui target, mencapai 1000 orang dari berbagai profesi baik guru, dosen, peneliti, pustakawan serta mahasiswa dari seluruh Indonesia. Semua peserta mendapatkan sertifikat 3 JPL.

Dalam sambutan pembukaannya Kepala Perpustakaan UGM mengatakan bahwa tema ini penting karena saat ini terdapat aturan-aturan baru terkait peta jabatan pustakawan dan pengembangan kariernya.

Pemaparan materi disampaikan oleh Yudho Widiatmono, S.Kom. (Koordinator Bidang Pembinaan dan Sosialisasi Jabatan Fungsional Pustakawan– Perpustakaan Nasional RI). Saat ini terdapat regulasi terbaru yang perlu dipahami oleh semua pustakawan di Indonesia. Dikatakan oleh Yudho, “Dalam hal pengembangan karir, maka seorang pustakawan harus mengetahui kebutuhan kompetensi yang dimilikinya serta hendaknya membaca regulasi yang berkembang saat ini untuk menentukan strategi pengembangan karirnya”.

Sementara pembicara kedua Sukirno, SIP., M.A. (Tim Penilai Jabatan Fungsional Pustakawan UGM) memaparkan strategi penyiapan dokumen DUPAK Pustakawan untuk kenaikan pangkat/jabatan. “Butir kegiatan sesuai kelas jabatan, butir kegiatan sesuai dengan jenjang jabatan, membuat bukti fisik sesuai petunjuk teknis jabatan fungsional pustakawan dan AKnya”, paparnya.

webinar pustakawan

Webinar Nasional “Pengembangan Karir Jabatan Fungsional Pustakawan: Strategi Pengelolaan Dokumen PAK”

Banyak sekali pertanyaan yang masuk dari peserta karena tema yang sangat menarik. Tanya jawab dipandu oleh moderator Uminurida Suciati, Pustakawan Madya UGM berupa menjawab pertanyaan langsung dari peserta dan merespon pertanyaan dari kolom chat zoom. Pada akhir acara dibagikan doorprize dari FP UGM dan sponsor Taylor & Francis.(Lilik K. Uswah)

Kunjungan Perpustakaan Politeknik Kesejahteraan Sosial Bandung

kunjungan perpustakaan

Pada hari Senin tanggal 21 November 2022, Perpustakaan UGM menerima kunjungan dari Perpustakaan Politeknik Kesejahteraan Sosial Bandung yang dipimpin oleh Bapak Sabar Riyadi didampingi oleh 6 orang stafnya. Bapak Sabar menyampaikan maksud dan tujuan kunjungan ke Perpustakaan UGM dalam rangka studi banding tentang pengelolaan repository.

Kegiatan kunjungan ini diterima secara langsung oleh Kepala Perpustakaan UGM, Dra. Nawang Purwanti, M.Lib., tim manajemen, dan staf pengelola repository Perpustakaan UGM di ruang pertemuan lantai 2 Gd L6.

Dalam sambutannya Kepala Perpustakaan UGM Dra. Nawang Purwanti, M.Lib menyampaikan pengantar mengenai gambaran umum Perpustakaan UGM. Selanjutnya Arif Surachman, SIP, M.B.A selaku Kepala Bidang Basis Data dan Jaringan menyampaikan mengenai sistem informasi dan pengelolaan repository Perpustakaan UGM, kemudian dilanjutkan dengan diskusi dan diakhiri dengan pemberian cendaramata dari kedua instansi.

Pray for Cianjur

gempa cianjur
[ Pray for Cianjur ]

Turut berduka cita yang sedalam-dalamnya untuk warga Cianjur yang terdampak gempa bumi pada tanggal 21 November 2022.

Semoga warga yang terdampak musibah diberikan kekuatan, kesabaran, dan keikhlasan serta segera dipulihkan kembali.

Semoga Tuhan melindungi kita semua. Aamiin 🙏

Pemenang Pustakawan Inspiratif & Teknisi dan Petugas Lapangan


Pimpinan dan seluruh staf Perpustakaan UGM mengucapkan selamat kepada para pemenang Malam Anugerah Insan Berprestasi UGM 2022 untuk kategori:

  • Pustakawan Inspiratif
  • Teknisi dan Petugas Lapangan

Semoga jerih payah dan kontribusi yang telah diberikan dapat terus ditingkatkan dan menjadi inspirasi bagi semua staf untuk terus berkreasi dan berinovasi bagi kemajuan negeri di masa kini dan masa mendatang.

Selamat memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW

selamat maulid nabi

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, layanan tutup

maulid nabi layanan tutup

Prosedur kunjungan luring

prosedur kunjungan luring

2022 Explore SAGE Journals (quiz)

Pustakawan harus berkompetensi dan inovatif

Forum Pustakawan Universitas Gadjah Mada pada Senin, 29 Agustus 2022 telah menggelar webinar nasional “Kompetensi Unggul sebagai Penguatan Sumber Daya Manusia dalam Ekosistem Digital” secara daring diikuti sekitar 600 peserta dari berbagai profesi baik guru, dosen, peneliti, pustakawan serta mahasiswa dari seluruh Indonesia. Tema ini diambil sebagai respon atas perlunya penguatan kebutuhan pustakawan dan pengelola perpustakaan dalam kompetensi digital sehingga memiliki kompetensi yang unggul. Menurut Maryatun, M.A. sebagai Ketua Forum Pustakawan UGM, tujuan webinar ini adalah dapat memahami kompetensi digital saat ini sebagai kompetensi dasar. Tidak kalah penting adalah menangkap peluang agar bisa menangkap peluang dan berinovasi.

Dalam sambutan sekaligus membuka acara Kepala Perpustakaan UGM, Nawang Purwanti, M.Lib. mengatakan bahwa saat ini masih banyak PR terkait dengan kompetensi SDM unggul ini antara lain analisis jabatan Pustakawan Utama. Juga tenaga perpustakaan yang harus rekrut sendiri (tenaga tetap) yang juga harus tetap diupayakan untuk sertifikasi dan kompetensi. Juga, butir-butir Pustakawan Utama mohon bisa diperluas pekerjaannya. Narasumber pertama Drs. Dedi Junaedi, M.Si. (Pustakawan Ahli Utama, Perpustakaan Nasional RI) memberikan materi tentang Kompetensi SDM Unggul dalam Ekosistem Digital. Dikatakan bahwa saat ini tugas Perpustakaan Nasional adalah membina secara teknis ke semua jenis perpustakaan di seluruh Indonesia. Adapun untuk SDM nya, harapannya di perpustakaan PT sudah unggul.

koordinasi

Webinar Nasional “Kompetensi Unggul sebagai Penguatan Sumber Daya Manusia dalam Ekosistem Digital” yang diselenggarakan Forum Pustakawan UGM

Sampai hari ini terdapat 4.611 Pustakawan di Indonesia (ber-SK PNS). Keberadaan Pustakawan Utama hanya ada 43 orang, (17 orang berada di Perpustakaan Nasional), hal ini sangat kurang. Di Perguruan Tinggi ada regulasi untuk Pustama (perlu diperjuangkan kembali untuk dibuka), analisis jabatan harus ada. Karakter SDM Unggul Indonesia Maju yang diperlukan saat ini adalah: SDM unggul yang berhati Indonesia, berideologi Pancasila; SDM unggul yang toleran, yang berakhlak mulia; dan SDM Unggul yang terus bekerja keras, berdedikasi. Saat ini banyak yang menyalahgunakan keunggulannya (tidak sesuai dengan karakter di atas tersebut).

Narasumber kedua ibu Mariyah, S.Sos., M.Hum., Kepala UPT Perpustakaan Universitas Indonesia memberikan materi Inovasi Perpustakaan: Peluang dan Tantangan. Menurut Mariyah, pustakawan perguruan tinggi bekerja di lingkungan akademik yang penuh dengan tantangan dan interaksi erat dengan kelompok intelektual. Lingkungan akademik menuntut intelektual yang tinggi, kemampuan beradaptasi yang cepat, kreativitas tinggi, inovasi dan leadership. Tantangan pustakawan: bekerja di lingkungan akademik dalam ekosistem digital (Sistem Akademik, E-learning, Sumber Daya Pembelajaran, Repositori dan perpustakaan digital (e-library)

Mariyah juga memberikan contoh inovasi yang bisa dilakukan pustakawan antara lain: Layanan online berbasis TI, Penggunaan media sosial dan pustakawan sebagai content creator dan storyteller, Digital marketing (infografis, promosi perpustakaan, tanya perpustakaan), Orientasi belajar mahasiswa baru berbasis teknologi (video pembelajaran, materi digital, ujian mandiri, e-sertifikat), Membuat sistem aplikasi (membuat flipbook terkait website tugas akhir mahasiswa, sistem aplikasi pustakawan untuk menghitung angka kredit pustakawan, repositori).

Banyak sekali pertanyaan yang masuk dari peserta karena tema yang sangat menarik. Tanya jawab dipandu oleh moderator Arif Surachman, MBA berupa menjawab pertanyaan langsung dari peserta dan merespon pertanyaan dari kolom chat zoom. Pada akhir acara dibagikan doorprize dari FP UGM dan sponsor Elsevier dan Taylor & Francis. (Lilik Uswah)