Panduan Discovery Search

Discovery Search merupakan layanan pencarian koleksi terintegrasi. Layanan ini digunakan untuk mempermudah pencarian koleksi dari sumber‐sumber yang terpisah baik itu eJournals, eBooks, maupun koleksi lain. Dengan adanya fasilitas ini akan memudahkan pengguna untuk mencari dan menemukan artikel atau koleksi lain yang diinginkan secara cepat. Sebagai contoh, Perpustakaan UGM melanggan pangkalan data ScienceDirect dan Proquest. Untuk mencari sebuah artikel dengan topik yang sama di kedua website tersebut, pengguna tidak perlu membuka website ScienceDirect maupun ProQuest secara terpisah. Dengan membuka layanan Discovery Search dan mengetikkan
kata kunci yang diinginkan pada kotak pencarian yang tersedia, akan muncul semua hasil pencarian baik artikel yang bersumber dari ScienceDirect maupun dari ProQuest.

Summon merupakan salah satu layanan Discovery Search berbasis WEB yang dikembangkan oleh ProQuest dan saat ini dilanggan oleh Perpustakaan UGM. Dengan menggunakan fasilitas pencarian Summon, pengguna Perpustakaan UGM dapat mencari dan menemukan koleksi Perpustakaan UGM, baik itu konten lokal UGM (Tugas Akhir, Skripsi, Tesis, Disertasi, Artikel Jurnal, Pidato Ilmiah dll) maupun koleksi digital yang dilanggan seperti eJournals, eBooks, dll. Pengguna juga dapat mencari buku‐buku dan koleksi fisik yang dikelola oleh Perpustakaan UGM menggunakan fasilitas ini karena katalog koleksi lokal UGM telah terintegrasi di dalam Summon.

Untuk menggunakan fasilitas Discovery Search, pertama kali yang dilakukan adalah membuka website portal Perpustakaan UGM di http://lib.ugm.ac.id/ sehingga akan muncul halaman seperti pada Gambar 1.

Gambar 1. Halaman utama perpustakaan UGM di http://lib.ugm.ac.id tersedia fasilitas Discovery Search untuk memudahkan pengguna mencari dan menemukan koleksi yang dibutuhkan.

Fasilitas Discovery Search di halaman depan website Perpustakaan UGM menyediakan 2 metode pencarian yaitu:

  1. Pencarian artikel berdasarkan kata kunci menggunakan Kotak Pencarian Summon.
  2. Penelusuran eJournal dan eBook menggunakan fasilitas E‐Resource Portal.

Untuk mencari artikel atau judul penelitian tertentu misalnya: “Dinamika Parpol Pada
Masyarakat Pedesaan” disarankan untuk menggunakan Kotak Pencarian Summon.

Untuk mencari judul Jurnal dan Buku yang dilanggan UGM seperti: “Academy of Information and Management Sciences journal”, dapat menggunakan fasilitas E‐Resource Portal.

A. Pencarian artikel berdasarkan kata kunci menggunakan Kotak Pencarian Summon.

Fasilitas ini digunakan untuk melakukan pencarian koleksi menggunakan kata
kunci tertentu. Cara menggunakan fasilitas ini adalah sebagai berikut:

  1. Buka http://lib.ugm.ac.id sehingga muncul tampilan seperti pada Gambar 1.
  2. Pada kotak pencarian Discovery Search, ketikkan kata kunci kemudian klik tombol “Cari”.
  3. Akan muncul tampilan seperti Gambar 2. Klik judul artikel atau persempit pencarian menggunakan pilihan‐pilihan yang disediakan pada bagian A Gambar 2.

Gambar 2.” Hasil pencarian koleksi UGM menggunakan fasilitas Discovery Search dengan kata kunci Indonesian Culture. (A) Filter untuk mempersempit hasil pencarian (B) Daftar Hasil Pencarian sesuai dengan kata kunci yang digunakan (C) Kotak Preview. Menampilkan ringkasan artikel ketika kursor mouse diarahkan ke judul artikel di bagian B.

Pada Gambar 2 (bagian A) terdapat pilihan‐pilihan untuk mempersempit pencarian sehingga hasil pencarian semakin sesuai dengan kebutuhan.

Refine Your Search

Pada menu ini terdapat beberapa pilihan dokumen yang akan ditampilkan yaitu:

  • Any – tampilkan Semua Jenis Dokumen
  • Fulltext online – tampilkan hanya artikel fulltext.
  • Scholarly & Peer Review – tampilkan karya ilmiah dan atau artikel yang telah melalui proses peer‐review
  • Peer‐Review – tampilkan hanya artikel yang telah melalui proses peer‐review. Artikel yang dikategorikan sebagai karya ilmiah akan tetapi tidak melalui proses peer‐review tidak akan dimunculkan.
  • Library catalog – tampilkan hasil pencarian dari katalog lokal UGM.
Content Type
Menu ini digunakan untuk mempersempit tipe dokumen yang akan ditampilkan. Pilihan pada menu ini di antaranya: any, journal article, newspaper article, dissertations, dll.
Discipline
Menu ini digunakan untuk memilih disiplin ilmu sesuai dengan dokumen yang akan ditampilkan, misal: history & archeology, political science, dll.
Publication Date
Pilihan ini digunakan untuk mempersempit pencarian berdasarkan tanggal/tahun artikel diterbitkan. Dari fitur ini
dapat diketahui tren publikasi per tahun berdasarkan kata kunci yang dicari.
Subject Terms
Digunakan untuk mempersempit pencarian berdasarkan subject dari artikel.
Language
Menu ini untuk mempersempit pencarian berdasarkan bahasa yang digunakan di dalam artikel.

B. Penelusuran Judul eJournal dan eBook yang Dilanggan UGM Menggunakan E‐Resource Portal.

E‐Resource Portal digunakan untuk menelusur judul eJournal dan eBook yang dilanggan oleh UGM baik berdasarkan urutan alfabetis A‐Z maupun berdasarkan kata kunci dan subyek.

Untuk menggunakan E‐Resource Portal:

  1. Buka http://lib.ugm.ac.id
  2. Pada bagian Discovery Search pada Gambar 1., terdapat pilihan huruf alfabetis A‐Z. Untuk menelusur judul jurnal, klik pilihan huruf alfabetis sesuai dengan huruf awal dari nama eJournal maupun eBook yang ingin dicari.
  3. Muncul tampilan seperti Gambar 3. Terdapat pilihan 3 tab:
    • All Resources – menampilkan hasil penelusuran eJournal dan eBook
    • E‐Journals Only – hanya menampilkan hasil penelusuran eJournal
    • E‐Books Only – hanya menampilkan hasil penelusuran eBook
  4. Setelah muncul daftar hasil pencarian, klik nama penyedia eJournal/eBook sesuai dengan nama eJournal/eBook yang dicari.

Gambar 3. Penelusuran Jurnal menggunakan fasilitas A‐Z Journal Title List

Kontributor: Ide Yunianto

Versi cetak silakan unduh di sini!