Pustakawan UGM mewakili Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia (FPPTI) sebagai narasumber Rakornas Bidang Perpustakaan 2020

Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Bidang Perpustakaan Tahun 2020 yang diselenggarakan di Ballroom Hotel Bidakara, Jakarta telah dilaksanakan pada tanggal 25 Februari s.d. 27 Februari 2020. Kegiatan Rakornas dibuka oleh Menteri Dalam Negeri. Tema Rakornas tahun ini adalah “Inovasi dan Kreativitas Pustakawan dalam Penguatan Budaya Literasi untuk mewujudkan SDM Unggul Menuju Indonesia Maju”. Pustakawan UGM , Dr. Purwani Istiana, SIP., M.A., mendapat kepercayaan untuk mewakili Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia (FPPTI) sebagai salah satu narasumber pada kegiatan Rakornas tersebut.

Sesuai dengan tema Rakornas, tema yang disampaikan Pustakawan UGM berjudul “Strategi Pustakawan dalam Membangun Inovasi Program Literasi untuk Mewujudkan SDM Unggul di Perguruan Tinggi”. Dr. Purwani Istiana, menyampaikan posisi strategis perpustakaan dan pustakawan perguruan tinggi dalam meningkatkan SDM unggul di institusi perguruan tinggi. Perpustakaan harus terus mengikuti perkembangan kebutuhan informasi masyarakat perguruan tinggi. Melalui program literasi, perpustakaan dan pustakawan dapat berperan serta dalam mewujudkan SDM unggul di perguruan tinggi.

Peran tersebut dapat dilakukan antara lain dengan membuat inovasi dan mengembangkan kreatifitas dalam penyelenggaraan program literasi informasi bagi civitas akademika maupun tenaga kependidikan yang ada di lingkungan kerjanya. Dr. Purwani Istiana, peraih penghargaan Pustakawan Berprestasi Nasional 2017 yang juga anggota Tim Expert Kemenristekdikti 2018-2019, menyampaikan secara rinci materi literasi informasi apa saja yang sesuai kebutuhan dosen dan mahasiswa saat ini. Dalam kesempatan tersebut juga disampaikan bahwa program literasi informasi yang telah banyak dilakukan oleh Pustakawan perguruan tinggi mendapat dukungan penuh dari organisasi FPPTI maupun Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI). Berbagai program FPPTI, seperti PILI (Pelatihan Instruktur Literasi Informasi), Penyusunan Standar Literasi Informasi; Sertifikasi Pustakawan dan sebagainya, sangat bermanfaat bagi peningkatan kompetensi pustakawan. Di akhir paparannya Purwani menyampaikan bahwa Inovasi Program Literasi Informasi merupakan peluang sekaligus tantangan bagi Pustakawan untuk membangun SDM unggul di PT. Oleh karena itu dukungan organisasi FPPTI maupun IPI tetap dibutuhkan guna meningkatkan kompetensi pustakawan dan peran aktif mereka dalam mendukung program pemerintah membangun SDM yang unggul dan berkemajuan.