Mengenali Westlaw Next sebagai Online Database Ilmu Hukum

Pada hari Selasa, 20 Maret 2018 Perpustakaan UGM mengadakan Workshop penggunaan Westlaw sebagai online database bersama Barata, perwakilan dari Thomson Reuters Indonesia. Workshop kali ini berisi tutorial penggunaan Westlaw sebagai referensi menulis artikel ilmiah dengan subyek khusus yaitu ilmu Hukum.

Terkait dengan sistem hukum di Indonesia yang menganut Sistem Hukum “Civil Law”, dan sebagian hukum perdata yang menerapkan “Common Law”, Database Westlaw ini memberikan kontribusi setidaknya 20% bagi Civil Law, dan 80% hukum internasional. Untuk itu, menurut Barata, saat ini ada upaya untuk memperkuat konten tentang Hukum di Indonesia, terutama pada studi kasus sebagai upaya peningkatan layanan Westlaw bagi pengguna database di Indonesia.

Westlaw sendiri merupakan online database yang menyediakan 19.900 legal databases, antara lain Federal and Statute case law, Practice area, Review article, World Journals, e-book, Legal Encyclopedias, Dictionary (dalam laman Westlaw dinamakan Black’s Law), Sample agreement dan Intellectual Property (IP). Westlaw menyediakan database dari tahun 1790 hingga sekarang. Selain referensi berupa jurnal dan buku elektronik, Westlaw juga menyediakan koran elektronik, majalah elektronik dan publikasi bisnis dan industry. Pada laman Westlaw, pengguna juga bisa menemukan International Jurisdictions. Semua database ini tersedia berupa fulltext yang bisa diunduh oleh pengguna yang sudah melanggan Westlaw.

Database yang disediakan Westlaw bisa diakses melalui laman www.westlawnext.com. Dalam laman tersebut terdapat fitur WestSearch yang merupakan search engine yang didesain khusus untuk pencarian akurat berbagai database dari Westlaw. Dalam menggunakan Westlaw sebagai sumber refererensi, pengguna dipermudah dengan fitur “copy with reference”. Fitur ini muncul secara otomatis ketika pengguna melakukan “block” pada sebagian teks di artikel yang terpilih. Dengan memilih fitur ini, pengguna juga ditawarkan dengan beberapa standard referensi. [Penulis: Ge Tilotama, Nur Cahyati]

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*