SAGE Talks : Query Letter, kiat mengambil hati Editor Jurnal

Query letter merupakan elemen yang juga penting, ketika kita ingin mempublikasikan tulisan, yakni berupa surat yang ditujukan penulis kepada editor atau publishing houses.“ Demikian yang disampaikan oleh Rosalia da Gracia, pembicara dari Sage Publishing dalam acara bertajuk “Simple Guide to Writing a Journal Article”, pada Hari Rabu, 10 Januari 2018 di Auditorium Poerbatjaraka lantai 3 Fakultas Ilmu Budaya UGM. Di hadapan mahasiswa Pascasarjana di bidang sosial humaniora, kegiatan ini mendapat apresiasi yang baik dari para peserta.

Lebih lanjut, Rosalia menyatakan bahwa tantangan dalam query letter adalah memadatkan artikel 15 lembar menjadi setengah halaman kuarto. Oleh karena itu, ungkapkan dengan baik, mengapa editor dan pembaca jurnal harus tertarik dengan artikel yang anda tulis. Lengkap dengan judul dari artikel yang dibuat, ikuti ketentuan spesifikasi jurnal yang ditentukan, serta katakan bahwa artikelmu tidak pernah diterbitkan di tempat lain.

Didampingi moderator Thomas Joko Priyo Sembodo, Rosalia mengawali presentasi dengan menekankan bahwa cara terampuh untuk dapat menerbitkan sebuah tulisan dan menjadi sukses adalah dengan memotivasi diri sendiri. Passion, Confidence, dan Time Management merupakan kunci sukses. Untuk itu, ada tiga fase yang dapat dijalani untuk mencapai sukses dalam menerbitkan jurnal.

Fase pertama adalah menulislah untuk dirimu sendiri. Menulislah untuk mencari apa yang kamu fikirkan, apa yang kamu rasakan dan apa yang ingin kamu kemukakan. Di fase kedua ialah melakukan redraft tulisan untuk dapat berkomunikasi dengan pembaca. Sedangkan di fase terakhir yakni mengedit tulisan untuk memberikan kejelasan baik dalam hal bahasa, tata bahasa, struktur, dan referensi yang baik dan benar.

Dalam berproses mulai menulis hingga mempublikasi sebuah artikel jurnal Rosalia menyarankan kita untuk memiliki mentor yang dapat menjadi tempat bertanya dan berbagi ketika menemui kesulitan. Baik itu professor atau siapapun yang berpengalaman. Hal yang tidak luput adalah kepercayaan diri dan manajemen waktu yang kuat. Jika kamu ragu dan gugup maka hasilnya tidak akan maksimal. Menjadi penting ketika kamu percaya bahwa diri kamu bisa melampaui apa yang kamu fikirkan.

Kegiatan ini berisi 90 menit presentasi oleh speaker dan 30 menit sesi tanya jawab. Diharapkan melalui kegiatan ini peserta bisa bertanya banyak hal dan mendapatkan pengetahuan baru tentang academic writing, khususnya kepenulisan artikel jurnal. [Dhilla/Humas Perpustakaan UGM]

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.