Bikin pathway prestasimu yuk gaes!

“Bernaung dalam kebesaran nama UGM, itu luar biasa. Tapi lebih bermanfaat jika turut membesarkan nama UGM dengan menyematkan prestasi, “ungkap oleh Aida Fathia, mahasiswa Fakultas Farmasi UGM yang meraih juara I presentasi ilmiah PKM-PE (Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional – PIMNAS) XXX, Kemerinstek DIKTI 2017. Acara Talkshow Creative Vibe “Membumikan kreativitas di kalangan Mahasiswa UGM”, 8 Nopember 2017 di Perpustakaan UGM ini, juga menghadirkan Bapak Ahmad Agus Setiawan, Ph.D. (Kasubdit Kreativitas Mahasiswa, Direktorat Kemahasiswaan (Ditmawa) UGM) dan dimoderatori oleh Nur Cahyati Wahyuni (Humas Perpustakaan UGM).

Aida berkisah, bahwa kemenangannya bukan instan, jejak langkah demi langkah ditautkan dalam sebuah pathway, jalur menuju kesuksesannya. Tahun pertama, ikut di dalam tim dengan mengambil peran sebagai juru bicara tim (presenter) karena dia suka presentasi. Tahun berikutnya, mulailah menjadi bagian dari tim sebagai peneliti. Kuncinya satu, cara pandang terhadap kompetisi dan hadiah kompetisi itu sendiri harus tepat. Hadiah kompetisi, disimpan, sebagai modal untuk penelitian selanjutnya. Selanjutnya, berkolaborasi dengan teman lain dan dosen akan membantu dalam menguatkan sumber daya tim, baik itu ide, pikiran, tenaga, koneksi, dan keuangan.

Hal tersebut juga digarisbawahi oleh Bapak Agus, yang pernah meraih Habibie Award Tahun 2014. Menjadi mahasiswa bukanlah waktu untuk mencari uang, namun lebih pada peningkatan kapasitas diri (Self Capacity Building). Jadi, tidak ada yang namanya untung dan rugi, karena semua dimaknai sebagai investasi. Dari keterbatasan sumber daya dan kesempatan, diupayakan dalam wujud kreativitas mahasiswa. Bergabung dalam komunitas ilmiah, berorganisasi adalah salah satu pilihan yang tepat untuk mengumpulkan kekuatan mahasiswa meraih prestasi.

Ditmawa UGM sendiri telah membina lebih dari 18 komunitas lomba, selama 5 tahun terakhir ini. Mulai dari Gadjah Mada Robotic Team (GMRT), Gadjah Mada Aerospace Team (GMAT), Gamaforce (Lomba Robot Terbang). Roboboat UGM (Kapal Tanpa Awak), Komatik (Komunitas Mahasiswa TIK), PKM Center UGM (Program Kreativitas Mahasiswa), Komunitas On-MIPA (Olimpiade Nasional MIPA), Arjuna (Komunitas Mobil Listrik UGM), dan sebagainya. Dengan konsep capacity building, mahasiswa berproses bersama untuk menciptakan inovasi yang dapat dikompetisikan dalam berbagai macam lomba. Semakin banyak mahasiswa yang bergabung dan menggaungkan kreativitasnya di UGM, maka Creativity Vibe bakal mengguncang dunia kompetisi nasional, maupun internasional.(Cahya)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*