Download Materi

Dies Perpustakaan UGM ke 67


Baru saja dunia sedang menghadapi fenomena disrupsi, situasi di mana pergerakan dunia industri atau persaingan kerja tidak lagi linear. Perubahannya sangat cepat, fundamental dengan mengacak-acak pola tatanan lama untuk menciptakan tatanan baru. Namun demikian disrupsi menginisiasi lahirnya model bisnis baru dengan strategi lebih inovatif dan disruptif. Cakupan perubahannya luas mulai dari dunia bisnis, perbankan, transportasi, sosial masyarakat, pendidikan hingga perpustakaan. Era ini akan menuntut kita untuk berubah atau punah. Sementara fenomena disrupsi masih sedang terjadi, namun di sebagian masyarakat sudah mulai beradaptasi untuk menghadapi fenomena tersebut, dan kemudian memasuki era pasca disrupsi (New Normal Era).

Pada awalnya New Normal adalah istilah yang mengacu pada kondisi keuangan menyusul krisis keuangan 2007-2008 dan pasca resesi global 2008-2012. New Normal menjadi trend ketika muncul pada pertemuan Forum Ekonomi Dunia ke-45 di Davo, Swis tahun 2015 untuk menggambarkan kondisi ekonomi Tiongkot yang akhirnya berdampak pada ekonomi global, sehingga mau tak mau akan memasuki era normal barunya sendirinya. Istilah ini sejak digunakan dalam berbagai konteks lain untuk menyiratkan bahwa sesuatu yang sebelumnya tidak normal telah menjadi hal biasa. New Normal Era (Era Normal baru), istilah ini menggambarkan era dimana situasi dunia pada akhir tahun 2017. Lebih kurangnya, normal baru adalah sesuatu, keadaan, situasi dan fenomena yang dulu dianggap anomali, tak lazim, dan tidak umum, tetapi kini menjadi hal biasa saja atau kenyataan yang harus dihadapi setiap hari. Rutinitas kemacetan lalu lintas di kota-kota besar, kemudahan transportasi online, kemudahan bertransaksi online, kemudahan akses sumber daya informasi online, e- commerce, dan kehadiran smartphone yang dapat digunakan untuk kegiatan online lainnya sekarang ini sudah dianggap hal biasa saja dan sudah dihadapi setiap hari. Kehadiran Era Normal Baru mau tidak mau juga bersinggungan dan berdampak dalam kehidupan dan aktivitas kepustakawanan.

Latar belakang tersebut di atas yang menjadi dasar mengapa perlu dilakukan suatu kegiatan yang dapat memberikan wawasan, pengetahuan sekaligus ketrampilan bagi pustakawan dan pengelola perpustakaan terutama dalam upaya berkontribusi pada peningkatan kualitas perpustakaan. Melalui serangkaian kegiatan seperti workshop, bedah buku, seminar, talk show dan kegiatan kepustakawanan lainnya.

Workshop Series (Gratis)


Penyediaan database online oleh Universitas adalah bentuk dukungan nyata bagi dunia pendidikan dan penelitian. Berbagai produk database elektronik ditawarkan, sehingga masyarakat pengguna dihadapkan pada keputusan untuk memilih sumber rujukan yang sesuai kebutuhan. Menentukan dan memilih jurnal online pun bukan hal mudah apabila tidak mengetahui keakuratan/ integritas dari sumber yang menawarkan.

No. Workshop Hari/Tanggal & Waktu Materi Pemateri
1. How to publish in International Journal Rabu, 7 Maret 2018 pukul 08:30 - 11:00
  • Tips on article submissions to Journals
  • How peer review is conducted & journal editor decision are made
  • How to identify predatory Open Access (OA Journals)
Mr. Joe Ng - Acquisitions Editor for Law and Social Sciences at Cambridge University Press
2. Taylor and Francis Kamis, 8 Maret 2018 pukul 08:30 - 11:00
  • Panduan Penggunaan
Taylor and Francis
3. Clinical Key Kamis, 8 Maret 2018 pukul 08:30 - 11:00
  • Panduan Penggunaan
Clinical Key
4. Proquest, IEEE, CABI, SUMMON Senin, 12 Maret 2018 pukul 08:30 - 11:00
  • Panduan Penggunaan
Jasaraya Tama
5. Emerald, Oxford, Cambridge, Project Muse, OISO, Sage Rabu, 14 Maret 2018 pukul 08:30 - 11:00
  • Panduan Penggunaan
iGroup
6. ACS, ASCE, ASME, AIP/APS, SIAM, ACSESS DL Rabu, 14 Maret 2018 pukul 12:30 - 14:30
  • Panduan Penggunaan
iGroup
7. Ebsco BSC & EBSCO ASC Kamis, 15 Maret 2018 pukul 08:30 - 11:00
  • Panduan Penggunaan
Sagung Seto
8. SPRINGER NATURE Senin, 19 Maret 2018 pukul 08:30 - 11:00
  • Panduan Penggunaan
SPRINGER NATURE
9. WESTLAW Selasa, 20 Maret 2018 pukul 08:30 - 11:00
  • Panduan Penggunaan
Frontier
9. ScienceDirect & Scopus Rabu, 21 Maret 2018 pukul 08:30 - 11:00
  • Panduan Penggunaan
Elsevier

Nara Hubung

Dewi Nurhastuti
HP. 0857 2965 1974
Purwoko
HP. 0813 4823 2561


Pendaftaran

Silahkan buka link Pendaftaran Online untuk melakukan pendaftaran secara online

Poster

Seminar Nasional


Perpustakaan UGM menyelenggarakan Seminar Nasional dalam rangka Dies Natalis Perpustakaan Universitas Gadjah Mada ke-67 dengan Tema "PERPUSTAKAAN DI ERA PASCA DISRUPSI".

Peserta dan Target

Target peserta Seminar Nasional Perpustakaan UGM ini adalah 200 peserta, mencakup:

  • Pustakawan dan Staf Perpustakaan di lingkungan Universitas Gadjah Mada dan sekitarnya
  • Pemerhati masalah perpustakaan, dokumentasi, dan informasi
  • Mahasiswa dan masyarakat umum.

Pembicara

  • Andang Ashari, ST., MM.
    PT. Infomedia Nusantara
    Disrupsi Teknologi di Perpustakaan
  • Drs. Ida Fajar Priyanto,MA Ph.D.
    Staf Ahli Perpustakaan dan DosenS2 Manajemen Informasi Perpustakaan, Program Pascasarjana, Universitas Gadjah Mada
    Perpustakaan dan New Normal Era
  • Dr. Neila Ramdhani, M.Si., M.Ed.
    Dosen Fakultas Psikologi UGM
    Perilaku Masyarakat di Era Disrupsi dan Pasca Disrupsi
  • Moderator: Purwani Istiana, S.IP., MA.

Waktu dan Tempat

Hari & tanggal
Selasa, 13 Maret 2018
Waktu
08.00 - 12.30 WIB
Tempat
Perpustakaan UGM Gedung L1, lantai 2

Download Rundown Acara

Pendaftaran (TUTUP)

Berikut ini Daftar peserta seminar nasional "Perpustakaan di era Pasca Disrupsi" di Perpustakaan UGM, Selasa 13 Maret 2018 || Jam 08.00 - 13.30 WIB. Mohon kepada nama yang terdaftar tersebut untuk konfirmasi kehadiran di Whatsapp (WA) 0857 2508 1628 . Batas waktu konfirmasi Minggu, 11 Maret 2018 . Format: SEMNAS-NAMA-INSTITUSI.
Download List Pendaftar

Talkshow "Peluang dan Strategi Menghadapi Dunia Kerja di New Normal Era"


Peserta dan Target

Peserta adalah mahasiswa UGM khususnya tingkat akhir yang dipersipkan untuk memasuki dunia kerja. Jumlah target peserta kegiatan ini 100 orang.

Pembicara

  • T. Novi Poespita Candra, M.Si., Psi
    Dosen Psikologi UGM
    Dunia kerja dalam New Normal Era
  • Galuh Setia Winahyu, M.Psi.
    Dharma Setia Consultant
    Strategi branding diri dalam mengemas portofolio
  • Moderator: Wahyu Supriyanto, M.Si.

Waktu dan Tempat

Hari & tanggal
Selasa, 27 Februari 2018
Waktu
08.30 - 11.30 WIB
Tempat
Perpustakaan UGM Gedung L1, lantai 2

Download Rundown Acara

Nara Hubung

Dewi Nurhastuti
HP. 0857 2965 1974
Martina Uki
HP. 0813 2879 1056

Pendaftaran

Silahkan buka link Pendaftaran Online untuk melakukan pendaftaran secara online

Bedah Buku "Penghancuran buku dari masa ke masa"


Buku telah melalui proses sejarahnya dalam jangka waktu yang lama. Mulai dari bentuk pertamanya, sampai buku pada jaman modern ini, baik secara fisik maupun non fisik (e- book). Buku, seperti dikutip Baez dari Borges (1994) merupakan perpanjangan ingatan manusia. Berbeda dengan produk lain yang merupakan perpanjangan raga. Buku, seperti halnya disampaikan Hatta, memiliki tuah yang sangat sakti, sehingga sosok Hatta rela dipenjara, asalkan bersama buku. Pernyataan Tan Malaka, yang titik tekannya bahwa orang yang hidup dengan pikiran yang harus disebarkan memerlukan pustaka yang cukup, juga meneguhkan bahwa buku merupakan perpanjangan ingatan manusia.

Maka, penghancuran buku, disebutkan oleh Baez merupakan penghancuran poros ingatan, bukan penghancuran fisik. Baez, dalam pendahuluan buku ini mengutip Umberto Eco (2001), bahwa penghancuran buku digerakkan oleh 3 hal: ideologi, pengabaian, dan kepentingan. Berbagai hal terkait perbukuan tersebut dikemas oleh Fernando Baez dalam bukunya "Penghancuran buku dari masa ke masa". Di Indonesia, buku ini diterjemahkan oleh Lita Soerjadinata, dan diterbitkan oleh Marjin Kiri. Edisi Baru terbit Mei 2017.

Target Peserta

  • Pustakawan
  • Mahasiswa
  • Akademisi
  • Masyarakat Umum

Waktu dan Tempat

Hari & tanggal
Selasa, 20 Februari 2018
Waktu
08.30 - 12.00 WIB
Tempat
Perpustakaan UGM Gedung L1 Lantai 2.
Download Rundown Acara

Nara Hubung

Haryanta
HP. 0857 0139 3336

Pendaftaran

Silahkan buka link Pendaftaran Online untuk melakukan pendaftaran secara online